Ketua DPR Imbau Masyarakat Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Mudik

DPR mengimbau keberangkatan mudik mempertimbangkan waktu terbaik.

Senin , 25 Apr 2022, 20:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk mempersiapkan detail kebutuhan dan pengamanan bagi masyarakat di setiap titik keramaian selama perjalanan mudik.

Puan menilai persiapan diperlukan agar tidak terjadi lagi kemacetan hingga 20 jam di dalam tol dan memakan korban jiwa seperti pada tahun 2016. Puan juga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan keberangkatan mudik dengan mempertimbangkan waktu terbaik. Puncak  arus mudik diprediksi akan terjadi pada 28-30 April 2022.

Sementara itu, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Mayarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menilai upaya yang bisa ditempuh untuk mengurai kemacetan dengan menghindari berangkat pada tanggal puncak arus mudik. Ia menyarankan agar pemudik menghindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Selain itu, Djoko juga mengingatkan agar pemudik  mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kepolisian.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Sumber : DPR RI