Senin 25 Apr 2022 16:31 WIB

SMAN 5 Bogor Raih Juara Kompetisi Perubahan Iklim IPMI

IPMI menggelar kompetisi BMC bagi siswa dalam membangun bisnis berkelanjutan

IPMI Business Model Competition for Highschool Students tahun ini mengusung tema
Foto: dok PYFA
IPMI Business Model Competition for Highschool Students tahun ini mengusung tema "Youngsters as the Change Makers: Sustainable Development as the Pathway to the Brighter Future". Para peserta diwajibkan membuat sebuah bisnis model kanvas (BMC) yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  Generasi muda pada 2030 akan menghadapi ancaman dan tantangan bagi pembangunan berkelanjutan, seperti pendidikan yang bermutu, kesehatan dan kesejahteraan, kesetaraan gender, energi bersih dan terjangkau, serta penanganan perubahan iklim. Para calon pemimpin bangsa inilah yang nantinya akan menjadi penggerak dari program SDGs.

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Aman Wirakartakusumah mengatakan peserta pelajar tersebut dituntut untuk menciptakan bisnis yang tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi.

“Tapi juga dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan dan juga karyawan,” ujarnya, Senin (25/4/2022).

Dalam situs www.ipmi.ac.id menyebutkan, IPMI Business Model Competition for Highschool Students tahun ini mengusung tema "Youngsters as the Change Makers: Sustainable Development as the Pathway to the Brighter Future". Para peserta diwajibkan membuat sebuah bisnis model kanvas (BMC) yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

SMAN 5 Bogor meraih pemenang pertama dalam kompetisi bisnis model kanvas (Business Model Canvas/BMC) bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar IPMI International Business School. Prestasi tersebut diikuti oleh Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto dan SMAK 6 Penabur Jakarta, yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

Menurutnya kegiatan tersebut diikuti oleh 21 tim yang berasal dari 20 SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berlomba menciptakan sebuah bisnis yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). 

"IPMI Business Model Competition merupakan strategi dari kampus IPMI untuk menyiapkan generasi muda yang nantinya menjadi penentu tercapainya pembangunan berkelanjutan. Adanya kompetisi ini diharapkan mereka dapat memunculkan inovasi bisnis yang mendukung SDGs," ucapnya.

BMC memiliki sembilan blok yang mewakili proses, rencana, hingga fondasi suatu bisnis yang fokus utamanya pada kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan yang bermutu, kesetaraan gender, energi bersih dan terjangkau, serta penanganan perubahan iklim. Adapun blok tersebut akan memudahkan para pengusaha pemula dalam menjalankan bisnis ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement