Senin 25 Apr 2022 12:47 WIB

Kontes KILA Ingin Bangkitkan Lagu Anak-Anak di Tengah Masyarakat

Kontes KILA kembali digelar untuk menjaring anak-anak yang berbakat di bidang seni.

Felicia, salah satu duta KILA saat tampil di kontes KILA di Depok, Sabtu (23/4/2022).
Foto: Dok Republika
Felicia, salah satu duta KILA saat tampil di kontes KILA di Depok, Sabtu (23/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kemendikbudristek melalui Ditjen Kebudayaan serta Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, kembali menggelar kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA). Bertempat di D'Mall Depok, pada Sabtu (23/4/2022), KILA kembali digelar untuk yang ketiga kalinya di tahun ini.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, dalam sambutan onlinennya mengatakan, kontes KILA diharapkan bisa membangkitkan ekosistem musik anak Indonesia. Karena, dalam dua dekade terakhir, anak-anak seolah jauh dari musik yang seusianya.

Baca Juga

"Ini janji dan upaya pemerintah menjangkau anak-anak dengan musik anak-anak," kata Hilmar.

Hilmar mengatakan, pagelaran KILA tahun ini dimulai sejak Hari Musik Nasional pada 9 Maret lalu hingga 15 Mei mendatang.  Sejauh ini, sudah digelar serangkaian kegiatan JUMPA KILA (roadshow) di kota Madiun, Yogyakarta dan Depok. "Ini untuk mensosialisasikan lagu-lagu anak terutama lagu-lagu baru yang dihasilkan program KILA," kata Hilmar.

Dan, KILA telah berhasil mengajak sejumlah besar masyarakat Indonesia dari berbagai daerah dan kalangan untuk berpartisipasi.  Di mana pada 2021, program ini telah menjaring sekitar 1.500 pendaftar yang tersebar di berbagai wilayah.

photo
Para duta KILA saat tampil di kontes KILA di Depok, Sabtu (23/4/202). - (Dok Republika)

Sementar, Koordinator Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Edi Irawan mengatakan, dalam KILA ini, pihaknya menyelenggarakan lomba cipta lagu, lomba menyanyi, dan aransemen lagu.

"Ini langkahnya sosialisasi yang bertujuan untuk membangkitkan lagu anak di tengah masyarakat," kata Edi.

Tujuan lainnya, KILA diharapkan meningkatkan produktivitas dan acara lagu anak-anak yang seusia mereka. Dan juga, muncul idola baru lagu anak-anak.

 

"Mudah-mudahan masyarakat dan pelaku budaya bisa mendorong kegiatan ini. Karena, lagu anak-anak penting untuk pembangunan karakter Indonesia di masa depan," kata Edi.

 

Edi juga mengatakan, dalam kontes KILA ini, diharapkan anak-anak bisa tumbuh secara alamiah. Meskipun, di sini ada dunia industri dan pendidikan yang terlibat.

"Nanti (pemenang) dialbumkan. Sejauh ini sudah ada dua album," kata Edi.

Pada saat acara kontes KILA di Depok, dihadiri oleh para duta KILA.

Yakni, Felicia Angelica, Dorrein Isabella Latuputty, Lyris Lasya Ilona, dan Rachel Aurellia.

Salah satu peserta yakni Felicia mengatakan, dirinya senang mengikuti kontes KILA ini. "Karena saya bisa tahu lagu-lagu dari daerah lain dan bisa jalan-jalan," kata Dorrein.

Sementara, Dorrein mengatakan, dengan ikut kontes KILA, bisa meningkatkan percaya dirinya. Selain itu, dia bisa mengembangkan bakat tarik suaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement