Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Pernah Jualan Cendol, Ini 7 Fakta Tentang Andika Kangen Band

Senin 25 Apr 2022 11:34 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Andika Mahesa

Andika Mahesa

Pernah Jualan Cendol, Ini 7 Fakta Tentang Andika Kangen Band

VIVA – Nama musisi asal Lampung, Andika Mahesa, akhir-akhir ini sedang menjadi buah bibir lantaran lagu miliknya dihina oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan tersebar luas di TikTok

Namun sebelum video parodi dari Tri Suaka dan Zinidin Zidan viral, Andika sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat debut menjadi vokalis Kangen Band pada tahun 2007.

Selain mengawali karier sebagai vokalis band, nyatanya masih ada beberapa informasi menarik lainnya dari pria kelahiran 21 Mei 1985 ini. Dari perjalanannya menjadi personel band yang tidak disengaja sampai sukses berkecimpung di industri musik. Mari simak 7 fakta dari Andika Mahesa.

  1. Tidak sengaja menjadi vokalis

Permulaan Andika menjadi pengisi suara di Kangen Band terbilang cukup unik. Ia dipilih untuk menggantikan Dodhy, vokalis asli, di sebuah festival. Doddy tidak bisa tampil disebabkan sedang sakit tenggorokan sehingga tidak bisa bernyanyi. 

Merasa cocok dengan kualitas vokal Andika, Kangen Band memutuskan untuk merekrutnya sebagai anggota band. 

  1. Jual cendol demi membayar biaya sewa studio

Kesulitan ekonomi tidak menjadi halangan bagi Andika dan kawan-kawan untuk bermusik. Mereka mencari cara agar bisa membiayai penyewaan studio. Pria yang mempunyai julukan ‘babang tamvan’ ini memilih berjualan es cendol untuk mendapatkan uang. 

Andika berjualan cendol dengan cara mangkal di depan salah satu rumah sakit di Lampung.

Para member lain pun turut mencari pundi-pundi uang dengan berbagai cara. Dodhy (gitar) menjadi kuli bangunan, Bebe (bass) berjualan nasi uduk, Izzy (keyboard) masih bisa memperoleh uang dari orang tuanya, dan Tama (gitar) menjual sandal jepit. 

Penghasilan berjualan cendol tidak bisa dibilang cukup. Andika bahkan kadang melakukan barter dagangan dengan tukang siomay agar perutnya bisa terisi. 

  1. Butuh empat bulan hingga lagu Kangen Band diputar di publik

Setelah berjuang mencari cuan untuk biaya sewa studio dan rekaman akhirnya Kangen Band berhasil merilis lagu. Lagu mereka awalnya hanya dititipkan ke radio lokal namun selang empat bulan kemudian, lagu mereka mulai terdengar di beberapa tempat umum di Lampung. Bahkan lagunya diputar di angkot-angkot.

Dari sinilah, Kangen Band dilirik oleh sebuah label rekaman yang mengajak mereka untuk menciptakan karya baru.

  1. Belajar olah vokal secara otodidak

Sebelum masuk dapur rekaman label mayor, Andika ditawari les vokal oleh Dodhy tetapi ia menolak tawaran tersebut sebab merasa tidak percaya diri. Lalu Andika memutuskan belajar vokal hanya dari mendengarkan lagu dari musisi-musisi lain.

  1. Penghasilan pertama lebih dari Rp300 juta

Kesuksesan Kangen Band akhirnya membuahkan hasil. Andika membeberkan bahwa penghasilan pertamanya sebagai musisi hampir menyentuh angka Rp400 juta. Uang tersebut mencakup biaya royalti musik dan tampil di sederet acara. 

Ketika mengetahui nominalnya sebesar itu, seluruh anggota Kangen Band merasa terharu dan langsung sujud syukur. Hal ini ia sampaikan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube VINDES yang diunggah pada 28 Februari 2022 lalu. 

“Begitu gue sobek (kado berisi uang), nangislah gue. Enam orang itu (member Kangen Band) nangis semua, sujud, Ya Allah banyak amat ini duit. Gue nerimanya saat itu sekitar 400juta, tiga ratus sembilan berapa gitu,” ucapnya.

Uang tersebut Andika gunakan untuk membeli sebuah mobil.

  1. Pernah bersolo karier 

Kangen Band sempat hilang dari industri musik setelah diterpa segelintir masalah internal. Beberapa tahun kemudian, Andika kembali ke industri hiburan sebagai penyanyi solo. 

Pada tahun 2018 ia bersama Framitha meluncurkan lagu Cinta Luar Biasa. Andika konsisten dalam merilis lagu tiap tahun. Pada 2019 ia melepas single berjudul Tetap Menunggu, lalu ada lagu Tunggu Aku di tahun 2020, dilanjut dengan sederet lagu-lagu lainnya seperti Kulepas Dengan Cinta, Di Mana Perasaanmu, Cinta yang Utuh, Pamit Pergi, serta Sayang Terima Kasih. 

Lagu Sayang Terima Kasih ia nyanyikan bersama Eren Hill yang merupakan vokalis perempuan di Kangen Band. 

  1. Menikah sampai empat kali

Popularitas sebagai musisi papan atas membuat Andika secara mudah dekat dengan banyak perempuan. Ia pertama kali menikah pada tahun 2007 dengan Ade Bunga Niari. Pernikahannya hanya berlangsung sampai tahun 2010. Pernikahannya dengan Ade menghasilkan seorang buah hati bernama Kirana Velovoice.

Lalu Andika mempersunting Anggie April Lestari pada tahun 2011. Umur pernikahan tersebut bahkan tidak sampai setahun. Mereka memiliki anak perempuan yang diberi nama Anjani Angely Yasminvoice.

Pada tahun 2012 pria yang bernama lengkap Maesa Andika Setiawan ini menikahi Nadine. Bernasib kurang lebih seperti pernikahan sebelumnya, pernikahannya tidak berjalan langgeng. Di tahun yang sama mereka bercerai.

Kemudian Andika mengikat janji suci dengan Chairunnisa pada tahun 2013. Lagi, umur pernikahan tidak bertahan lama. Mereka bercerai pada tahun 2018. Pernikahan mereka diberkahi tiga momongan yaitu Maesa Nura Bintang Chandika, Maesa Cahaya Mentari Chandika, dan Maesa Galang Bumi Chandika. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA