Gubernur Jatim Cek Persiapan Terakhir Pelaksanaan Operasi Ketupat 2022

Red: Muhammad Fakhruddin

Gubernur Jatim Cek Persiapan Terakhir Pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 (ilustrasi).
Gubernur Jatim Cek Persiapan Terakhir Pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengecek persiapan terakhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2022.

Pengecekan dilakukan meliputi aspek personel, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemerintah daerah, serta mitra keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya. "Seluruh masyarakat aman dan sehat pada saat mudik dan balik libur Lebaran 2022 karena semua lintas sektor sudah melakukan koordinasi," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat sore (22/4/2022).

Pada Jumat pagi, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menyempatkan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Lapangan Mapolda Jatim di Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan petugas didampingi Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, dan Pangkoarmada II.

Operasi ketupat 2022 dilaksanakan selama 12 hari mulai 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022.Fokus pengamanan berada di 101.700 objek di seluruh Indonesia yang meliputi masjid, tempat ibadah lainnya, tempat wisata, stasiun, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan hingga terminal.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sesuai amanat Kapolri RI bahwa ada delapan hal yang harus dilakukan untuk antisipasi sekaligus panduan seluruh tim yang melaksanakan Operasi Ketupat 2022 di lapangan. "Seluruh titik-titik yang harus diantisipasi dengan berbagai langkah protektif seperti aplikasi PeduliLindungi. Pastikan ada dan digunakan di tempat-tempat yang berpotensi di titik-titik keramaian seperti wisata dan mal," ucapnya.

Terkait moda transportasi, Khofifah menjelaskan berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI diperkirakan 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas mudik selama Lebaran 2022. "Ini harus menjadi kewaspadaan dan kesiapsiagaan masing-masing pemudik, terutama yang menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan hal menyangkut teknis, seperti ban dan mesin mobil di cek kembali," katanya.

Gubernur Khofifah mengaku situasi pandemi COVID-19 saat ini sudah terkendali, bahkan dari tingkat penularan di bawah angka 1, kemudian positivy rate dan bed occupation rate (BOR) di bawah standar WHO.

Kendati demikian, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengingatkan seluruh masyarakat yang akan mudik Lebaran 2022 untuk tetap waspada dan patuh terhadap protokol kesehatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Gelar Operasi Ketupat 2022, Polri Kerahkan 144.392 Personel

Lantik Emil Dardak Jadi Ketua DPD Demokrat Jatim, Ini Pesan AHY

Ini Alasan AHY Pilih Emil Dardak Pimpin Demokrat Jawa Timur

Jabar Siagakan 30 Ribu Personil untuk Amankan Arus Mudik Lebaran

Konsumsi Listrik Jatim pada Ramadhan Tumbuh 4,2 persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark