Jumat 22 Apr 2022 22:35 WIB

Polresta Banyumas Siapkan 3.000 Dosis Vaksin di 12 Pos Pengamanan Mudik

Sebanyak 200-300 dosis vaksin disiapkan di setiap pos pengamanan terpadu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ilham Tirta
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Polresta Banyumas menyiapkan 12 titik pos pengamanan dan pelayanan untuk mengamankan arus lalu lintas selama mudik. Pos yang disiapkan merupakan pos terpadu yang juga melayani vaksinasi bagi para pemudik.

Kabag Ops Polresta Banyumas, Kompol Ismanto Yuwono menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 3.000 dosis vaksin Covid-19 untuk vaksinasi pemudik. "Vaksinasi ini bersifat humanistik, tidak ada pemaksaan. Silahkan datang ke gerai kalau mau vaksin, vaksin satu, dua, atau tiga," ujar Kabag Ops saat ditemui usai apel Operasi Ketupat Candi 2022 di GOR Satria, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga

Dari jumlah tersebut, disiapkan sebanyak 200-300 dosis vaksin per gerai vaksinasi di 12 titik pos pengamanan terpadu. Menurut Kabag Ops, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas siap untuk mengamankan stok vaksin apabila vaksin dari Polresta Banyumas habis.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 selama mudik, Kementerian Kesehatan menargetkan 30 persen warga harus sudah vaksinasi booster. Saat ini, cakupan vaksinasi booster di Banyumas sudah mencapai 30 persen. Akan tetapi, vaksin booster hanya dibatasi sampai tanggal 27 April.

"Karena itu kita kerahkan seluruh elemen, TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat untuk menggerakkan masyarakat agar mau di-booster di titik-titik seluruh wilayah Banyumas," kata Kabag Ops.

Gerai vaksinasi di 12 titik pos pengamanan tersebut dibuka dari pukul 09.00 WIB hingga malam hari. Selain di 12 titik pos tersebut, Polresta Banyumas juga membuka gerai vaksinasi di Alun-alun Purwokerto dari pukul 07.00 hingga 23.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement