Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

YLKI: Kualitas Pelayanan Hak Konsumen Perlu Ditingkatkan

Rabu 20 Apr 2022 22:00 WIB

Red: Nidia Zuraya

Konsumen/ilustrasi

Konsumen/ilustrasi

Foto: IST
Pandemi sangat pengaruh signifikan pada upaya perlindungan konsumen dan pelaku usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Pengaduan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi menyampaikan bahwa kualitas pelayanan hak konsumen perlu ditingkatkan, karena terjadi penurunan, terlebih saat pandemi Covid-19."Ada kualitas pelayanan hak konsumen yang menurun, namun perlu ada pembenahan untuk lebih baik," kata Sularsi di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Ia memaparkan, pandemi 2020-2021 sangat pengaruh signifikan pada upaya perlindungan konsumen dan pelaku usaha. Menurut Sularsi, ada beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah namun tidak sesuai di lapangan karena tidak ada penjelasan rinci terkait petunjuk teknisnya.

Baca Juga

"Juknisnya misalnya terkait kriteria konsumen yang diberikan restrukturisasi utang, itu tidak semuanya sehingga sering terjadi dispute," ujar Sularsi.

Sementara itu, perilaku konsumen semasa pandemi Covid-19 juga mengalami perubahan yang signifikan, di mana terjadi peningkatan pada transaksi online.Untuk itu, Sularsi memandang hak informasi yang benar dan jelas dari pelaku usaha yang kadang masih terabaikan, perlu lebih ditingkatkan 

"Transparansi dan penjelasan dalam komunikasi merupakan hal yang sangat penting," kata Sularsi.

Hal yang tidak kalah penting lainnya menurut Sularsi adalah peran pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar konsumen khususnya pangan, energi, ketersediaan, keterjangkauan, kemudahan akses perlu memperhatikan kemampuan bayar masyarakat.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA