Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

 

Puluhan Ribu Umat Islam Sukabumi Siapkan Pawai Tarhib Ramadhan

Selasa 23 May 2017 15:45 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah

PawaiTarhib Ramadhan

PawaiTarhib Ramadhan

Foto: Republika/Musiron

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Puluhan ribu umat muslim Kota Sukabumi akan menggelar pawai tarhib Ramadhan pada Rabu (24/5). Acara tersebut sebagai bentuk ekspresi luapan kegembiraan dalam menyambut bulan suci puasa.

Rencananya, sebelum menggelar pawai tarhib Ramadhan, puluhan ribu umat Islam ini akan menggelar apel  Wihdatul Ummah atau kesatuan umat dan pemberian paket sembako kepada fakir miskin di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Selepas itu umat Islam akan keliling kota untuk pawai tarhib Ramadhan.

"Kegiatan ini sudah rutin dilakukan selama lima tahun berturut-turut di Sukabumi," ujar Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi Muh Kusoy kepada Republika.co.id.

Tarhib Ramadhan akan diikuti hingga 20 ribu warga Sukabumi dari berbagai kalangan. Mulai dari umaro yakni kalangan pemerintahan, ulama, dan umat yang berasal dari kalangan organisasi massa (ormas) Islam serta kalangan pesantren.

Diterangkan Kusoy, dalam apel kesatuan umat nanti akan dideklarasikan pengamanan bulan suci Ramadhan di Kota Sukabumi. Di mana akan digiatkan patroli simpatik dalam mengamankan bulan suci Ramadhan.

Keberadaan patroli simpatik tersebut mengacu pada peraturan wali kota Sukabumi (Perwal) mengenai pengamanan bulan Ramadhan. Unsur yang terlibat mulai dari aparat kepolisian, Kodim Sukabumi, Satpol PP, MUI,dan perwakilan ormas Islam.

Kusoy menuturkan, selepas acara tersebut ribuan warga akan menggelar pawai tarhib Ramadhan dengan mengelilingi kota. Kegiatan ini untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita.

Menurut Kusoy, acara tarhib Ramadhan ini sudah menjadi budaya bagi warga Sukabumi. Hal ini kata dia sebagai bagian dalam syiar Islam dan adanya kebersamaan di kalanan umat Islam.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menambahkan, tarhib Ramadhan di Kota Sukabumi memang sudah rutin dilakukan untuk menyambut bulan suci puasa. "Umat Islam menyambut bulan puasa dengan gembira," cetus dia.

Fahmi menerangkan, nantinya pada bulan Ramadhan umat muslim selain berpuasa juga akan mengisinya dengan sejumlah kegiatan ibadah seperti shalat tarawih, tadarus Alquran, dan lain sebagainya. Hal ini ungkap dia sebagai bagian untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.


  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES