Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

 

Alasan Puasa Bermanfaat Bagi Anda

Jumat 31 Mei 2019 16:15 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Berpuasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, terutama menghilangkan beberapa penyakit kulit.

Berpuasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, terutama menghilangkan beberapa penyakit kulit.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Puasa mengontrol gula darah hingga bermanfaat cegah penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa masih tersisa beberapa hari terakhir. Bagaimana sudahkah Anda meraih manfaat kesehatan dari berpuasa? Banyak ahli mengatakan puasa memiliki banyak manfaat.

Puasa didefinisikan sebagai pantang dari makanan selama periode waktu tertentu. Orang India telah melakukannya sejak lama, terutama karena kepercayaan agama mereka. Apa pun alasannya, puasa telah ditemukan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan dari berhenti makan dalam waktu singkat. Bahkan puasa intermiten telah mendapatkan popularitas dalam beberapa waktu terakhir untuk menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari puasa seperti dilansir dari laman Times of India, Jumat (31/5).

Mengontrol tingkat gula darah
Puasa dapat mengontrol gula darah yang bisa sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes. Sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 10 orang yang menderita diabetes tipe 2 mengungkapkan bahwa puasa dalam waktu singkat sebenarnya dapat menurunkan kadar gula darah. Membatasi asupan makanan dan air untuk jangka waktu tertentu mengurangi resistensi insulin, yang memungkinkan pengangkutan glukosa dari darah ke sel dengan cara yang lebih efektif.

Meningkatkan kesehatan yang lebih baik
Peradangan kronis adalah hal yang serius dan dapat berdampak serius pada kesehatan seseorang. Peradangan dapat menyebabkan kondisi serius seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan.

Baik untuk jantung
Masalah kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dan puasa dapat mengurangi risikonya. Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan puasa dalam rutinitas Anda dapat bermanfaat jika menyangkut kesehatan jantung. Ini juga mengurangi tekanan darah serta kadar trigliserida.

Membantu dalam penurunan berat badan
Banyak orang yang mencoba mengurangi berat badan dengan cepat untuk hasil yang efektif. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme secara keseluruhan dan dapat mempercepat proses penurunan berat badan Anda. Puasa ternyata lebih efektif daripada pembatasan kalori untuk kehilangan lemak yang tidak diinginkan dari tubuh.

Bisa menunda penuaan
Puasa juga dapat menunda penuaan dan memperpanjang umur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa ketika tikus dibuat berpuasa setiap hari mereka hidup 83 persen lebih lama daripada tikus lain. Meskipun penelitian ini sampai sekarang hanya dilakukan pada hewan dan efeknya belum diverifikasi pada manusia.

Baik untuk kesehatan usus
Berpuasa membuat perut dan perut Anda lega dari tugas melelahkan mencerna makanan. Ini juga membantu meningkatkan flora usus.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES