Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

 

Khofifah Ajak Umat Jadikan Alquran Referensi Kehidupan

Kamis 23 May 2019 12:19 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nashih Nashrullah

Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

Foto: Antara/Moch Asim
Khofifah menyatakan Alquran ajarkan Islam damai.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajak umat Muslim senantiasa menjadikan kitab suci Alquran sebagai referensi kehidupan. Menurutnya, Alquran mengajarkan umat untuk membawa Islam yang rahmatan lil alamin, yaitu Islam yang penuh kedamaian, dan penuh kasih. 

Baca Juga

"Wama arsalnaka illa rahmatan lil alamin. Bagaimana kita bersama-sama kembali mengajak seluruh umat Islam untuk membawa misi Islam yang penuh damai dan kasih," kata Khofifah di Surabaya, Kamis (23/5).  

Khofifah melanjutkan, selain itu umat Islam sudah seharusnya meneladani Nabi Muhammad SAW, yang akhlaknya adalah Alquran. Alquran mengajarkan manusia bagaimana mampu menahan amarah, serta mampu saling memaafkan di antara seseama manusia. 

"Hal ini jadi bagian penting dalam ibadah puasa, yakni menahan diri dari godaan, yang bukan sekadar lapar dan haus, tapi bisa menahan diri dari ego dan emosi yang negatif," ujar gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.  

Akhlak Alquran berikutnya, lanjut orang nomor satu di Jatim ini, adalah berkata dengan perkataan yang santun, dan lembut. Menurutnya, seluruh perbuatan dan akhlak baik tersebut akan membuat ibadah puasa mendapat anugerah kasih sayang dari Allah SWT, dan mendapat ampunan atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.  

“Ini menjadi refleksi kita bersama pada Ramadhan, mudah-mudahan kita bisa lebih khusyuk lagi menjalankan seluruh amalan pada Ramadhan," kata Khofifah.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES