Monday, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 December 2018

Monday, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 December 2018

 

Bawa Kendaraan Saat Mudik, Lakukan Ini Agar tak Mengantuk

Kamis 14 Jun 2018 16:13 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nur Aini

Mengemudi mobil/ilustrasi

Mengemudi mobil/ilustrasi

Foto: firehow.com
Konsumsi makanan yang tak berlebihan bisa menghindari kantuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membawa kendaraan untuk pergi mudik, pengemudi harus memiliki kondisi tubuh yang cukup prima. Pengemudi juga harus menghilangkan kantuk saat sedang membawa kendaraan bersama dengan keluarga.

Dokter spesialis gizi klinik dr Dian Permatasari MGizi SpGK mengatakan, pengemudi yang mengantuk bisa terjadi karena beberapa hal. Mengantuk bisa disebabkan terlalu banyak makan, atau dalam kondisi lapar, kemudian bisa jadi memang membutuhkan istirahat.

Saat tidak puasa, atau mengemudi pada malam hari, ketika lapar maka bergegaslah untuk mengonsumsi makanan dengan asupan yang lengkap. Apabila sudah jam makan, seseorang harus membiasakan diri sesuai dengan waktunya. "Jangan membiarkan terlalu lama dalam kondisi kelaparan," ujarnya.

Kemudian, konsumsi makanan secukupnya karena apabila berlebihan bisa menimbulkan kantuk. Untuk menghilangkan kantuk, pengemudi dapat menyantap makanan yang segar.

"Bisa makan buah-buahan atau minuman es. Tidak apa-apa minum es, yang penting enggak banyak," kata dr Dian Permatasari MGizi SpGK, Kamis (14/6).

Penolong rasa kantuk yang diakibatkan karena lapar adalah makanan atau minuman yang mengandung gula. Minuman es teh manis dapat membantu pengendara mobil saat mudik tetap dalam keadaan segar.

Di samping itu, penting untuk menjaga asupan yang baik selama mudik. Pilihlah makanan dengan komposisi gizi seimbang, yakni protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Dian mengatakan, pilihlah makanan yang lengkap, seperti nasi, ayam goreng, sayur, dan tahu-tempe. Pilih camilan yang sehat. Selain buah, pengemudi juga bisa membeli yogurt.

Baca: Pilihan Asupan Makanan Selama Mudik Agar Tetap Prima

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES