Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

 

Enam Kebiasaan yang Harus Dihindari Selama Ramadhan (2-Habis)

Rabu 09 Jul 2014 06:33 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar

makanan berbuka puasa

makanan berbuka puasa

Foto: ANTARA/Yusran Uccang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengatur pola makan yang tepat akan membuat Anda tetap fit dibulan Ramadhan. Puasa Ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda setidaknya harus menghindari enam kebiasaan berikut selama bulan suci ini, dilansir dari Aquila Style, Rabu (9/7).

4. Makan dengan piring besar
Cobalah makan dari piring yang lebih kecil dan perhatikan berapa banyak makanan yang benar-benar Anda makan. Dibandingkan Anda makan di piring yang lebih besar, Anda akan tertarik untuk memenuhi piring Anda dengan makanan. Mungkin dengan piring yang kecil, Anda setidaknya berpikir apakah sudah cukup ataukah kelebihan ketika mengambil sekelompok makanan. Piring yang lebih kecil bisa membantu Anda berpikir sejenak dan memberi tahu bahwa itu cukup.

5. Tidak berolah raga berat
Jika Anda seorang pelari atau atlet gym, maka Ramadhan sebaiknya membuat Anda berhenti sejenak dari aktivitas tersebut. Cobalah aktivitas olah raga yang lebih ringan dan berbeda dibulan ini. Misalnya, jika Anda terbiasa pergi ke gym di pagi hari, cobalah pergi ke gym satu atau dua jam sebelum berbuka puasa. Dengan begitu, ketika Anda sudah selesai latihan, maka Anda akan memiliki 30 menit atau lebih untuk makan dan minum.

Membuat otot-otot Anda kelaparan akan memastikan Anda mau memakan apapun ketika berbuka puasa. Ini akan digunakan untuk membantu otot Anda sembuh atau jika tidak maka itu disimpan sebagai cadangan lemak.

6. Kurang tidur
Anda mungkin sangat hobi begadang di malam hari, untuk shalat tambahan atau jika Anda tinggal di belahan bumi utara dimana malamnya sangat panjang. Pastikan untuk mengganti jam tidur Anda. Tidur siang yang singkat disiang hari pada waktu berpuasa memungkinkan Anda untuk tetap berenergi. Merasa lelah sepanjang hari dapat menyebabkan pesta makan, menyebabkan Anda lebih lesu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA