Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

 

Sheer Khurma, Hidangan Lezat Khas Idul Fitri dari India

Ahad 17 Juni 2018 03:17 WIB

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah

Sheer khurma

Sheer khurma

Foto: nilons.com
Istimewanya, hidangan ini bisa disajikan panas maupun dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD -- Saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, ada satu hidangan yang seolah wajib ada di rumah masyarakat Hyderabad, India. Sheer khurma atau Sheer korma adalah versi otentik puding sohun yang disiapkan khusus untuk perayaan Idul Fitri.

Dilansir dari theveggieindian.com, ‘Sheer‘ adalah singkatan dari susu dan ‘Khurma‘. Ini adalah singkatan dari kurma dalam bahasa Persia. Sheer khurma berasal dari Hyderabad, India.

Rasa dominan dari kurma yang membuat puding ini sangat istimewa. Kurma dianggap sebagai makanan suci dalam Islam, dan sesuai dengan peruntukannya, ia memiliki banyak manfaat kesehatan. Yaitu dapat membantu penyakit sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan banyak kondisi lainnya.

Kurma kaya akan beberapa vitamin, mineral dan serat juga dan baik untuk manajemen berat badan. Selain itu kurma dapat membantu menjaga pikiran dan membantu meremajakan tubuh.

Dilansir dari nilons.com, makanan penutup yang eksotis ini disiapkan menggunakan susu, kurma, kacang dan bihun. Hidangan ini bermula dari era Mughal dan sebagian besar disiapkan selama hari-hari puasa Ramadhan. Kurma memiliki banyak arti selama hari-hari puasa dan merupakan makanan pertama yang dikonsumsi untuk berbuka puasa. Karena kurma sangat bergizi, mereka membuat makanan yang luar biasa untuk berbuka puasa dan membantu menjaga pikiran dan tubuh yang diremajakan.

Sheer Khurma adalah kenikmatan Idul Fitri di semua rumah tangga di kalangan Muslim. Hidangan sederhana namun lezat ini serbaguna karena dapat disajikan panas atau dingin. Umumnya kurma yang telah matang dan segar digunakan dalam pembuatan Sheer Khurma. Tetapi banyak juga yang lebih suka menggunakan kurma kering.

Secara tradisional Sheer Khurma dibuat dengan bihun (sejenis spaghetti). Hidangan ini dimasak dalam susu dan kurma, lalu ditambahkan berbagai buah kering untuk membuatnya menjadi makanan penutup yang kaya nutrisi dan aromatik. Sheer Khurma adalah hidangan pencuci mulut khas Muslim dan disajikan untuk keluarga dan teman-teman untuk menunjukkan keramahan dan kegembiraan pada berbagai kesempatan yang menyenangkan, salah satunya Idul Fitri. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA