Tadarus Menghangatkan Ramadhan di Masjid Maninjau

Rep: Febrian Fachri/ Red: A.Syalaby Ichsan

 Ahad 02 May 2021 14:31 WIB

Tadarus saat berpuasa. Ilustrasi Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Tadarus saat berpuasa. Ilustrasi

Tadarus tetap dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM- Masjid Raya Nagari Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam melaksanakan rutinitas tadarus setiap Ramadhan. Panitia pelaksana tadarus Masjid Raya Maninjau, Wirda Rajab mengatakan kegiatan tadarus setiap bulan Ramadhan sudah diadakan di sana sejak 2005 silam.

Walau situasi masih dalam keadaan pandemi, tadarus tetap dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku. Menurut dia, kegiatan tadarus menambah kehangatan beribadah di bulan suci.

"Ramadhan tahun ini peserta dibatasi hanya 60 orang kategori anak-anak dan 10 orang kaum ibu. Sebelum pandemi peserta capai 100 orang. Pembatasan peserta akibat kondisi yang masih di tengah pandami covid-19," kata Wirda, Ahad (2/5).

Wirda menyebut pada Ramadhan 2020 lalu, mereka meniadakan aktivitas tadarus. Karena saat itu masih awal masa pandemi dan tingkat penularan sedang tinggi. Kini, menurut Wirda, kegiatan tadarus sudah dapat dilakukan lagi dengan syarat harus taat dengan protokol kesehatan.

Setiap hari kegiatan tadarus ini ditargetkan 2 juz. Dengan pelaksanaannya setelah shalat Ashar untuk kategori anak-anak dan Subuh kategori dewasa.

Di samping itu, Ramadhan tahun ini di Masjid Raya Maninjau juga digelar berbagai kegiatan dalam menyemarakkan suasana bulan suci seperti, tahfidz, penyelenggaraan jenazah, MTQ, menyantuni anak yatim jelang lebaran dan pengumpulan zakat fitrah.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X