Nabi Aminkan Doa Jibril Soal Umat yang Abaikan Ramadhan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Esthi Maharani

Sabtu 17 Apr 2021 09:38 WIB

Ilustrasi Ramadhan: Doa doa yang diterima Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan: Doa doa yang diterima

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Maulana Muhammad zakariyya Al-Kandahlawi mengatakan Nabi Muhammad SAW mencela orang yang mengabaikan bulan Ramadhan. Nabi memanjatkan doa khusus bagi orang yang mengabaikan bulan Ramadhan.

Berikut doa Nabi Muhammad SAW yang dirangkum Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal.

Dari Sayyidina Ka'ab bin Ujrah radhiallahu Anhu, Baginda Rasulullah SAW bersabda. "Mendekatlah kalian ke mimbar!" Kami pun mendekati. Ketika beliau menaiki tangga pertama, Beliau berkata "Amin"! Lalu ketika menaiki tangga kedua, beliau juga berkata "Amin"! Ketika menaiki tangga ketiga, Beliau juga berkata, "Amin!" Maka ketika beliau selesai berkotbah kami berkata:

"Ya Rasulallah, sungguh hari ini kami telah mendengar darimu sesuatu yang belum pernah kami dengar (ketika engkau naik mimbar)" Beliau bersabda," Sesungguhnya Jibril telah menampakan diri kepadaku, lalu dia berkata ketika aku menaiki tangga pertama mimbar, 'Celakalah orang yang mendapatkan bulan Ramadhan, tetapi ia tidak diampuni' maka aku berkata 'Amin'.

Kemudian ketika aku menaiki tangga kedua, Dia berkata 'Celakalah orang yang mendengar namamu disebut, tetapi ia tidak bershalawat kepadamu'. Maka aku berkata 'Amin'. Selanjutnya ketika aku menaiki tangga ketiga, ia berkata, 'Celakalah orang yang menjumpai kedua ibu bapaknya atau salah satu dari keduanya dalam keadaan sudah tua, tetapi dia tidak bisa masuk surga sebab orang tuanya, aku berkata Amin." (H.R Hakim dari kitab At Targhib)

Syekh Maulana Muhammad Zakaria mengatakan di dalam hadis di atas malaikat Jibril telah mendoakan keburukan bagi tiga jenis manusia dan Baginda Rasulullah SAW mengamini doa tersebut.

"Sangat jelas betapa kerasnya doa tersebut," katanya.