Mesir dan Lebanon Umumkan Ramadhan Dimulai Selasa

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 12 Apr 2021 17:17 WIB

Mesir dan Lebanon Umumkan Ramadhan Dimulai Selasa. Seorang pengrajin Mesir menyortir bagian lentera Ramadhan tradisional, yang disebut Fanous, di sebuah lokakarya di Kairo, Mesir, 11 April 2021. Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan tidak makan, minum, dan tindakan seksual antara matahari terbit dan terbenam. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan diyakini bahwa wahyu ayat pertama Alquran terjadi selama 10 malam terakhir. Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI Mesir dan Lebanon Umumkan Ramadhan Dimulai Selasa. Seorang pengrajin Mesir menyortir bagian lentera Ramadhan tradisional, yang disebut Fanous, di sebuah lokakarya di Kairo, Mesir, 11 April 2021. Muslim di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadhan dengan berdoa pada malam hari dan tidak makan, minum, dan tindakan seksual antara matahari terbit dan terbenam. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan diyakini bahwa wahyu ayat pertama Alquran terjadi selama 10 malam terakhir.

Senin akan dianggap sebagai hari terakhir Sya'ban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas agama Mesir dan Lebanon mengumumkan bulan suci Ramadhan akan dimulai pada Selasa (13/4). “13 April akan menjadi hari pertama Ramadhan," kata Dar al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama.

Di Lebanon, ulama Sheikh Abdellatif Deryan juga mengonfirmasi Ramadhan akan dimulai pada Selasa. Awal Ramadhan ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik guna menentukan kapan satu bulan berakhir dan bulan lainnya dimulai.

Baca Juga

Otoritas agama Arab Saudi mengatakan bulan sabit yang digunakan  menentukan awal bulan tidak terlihat pada Ahad (11/4). Para komite observasi akan bersidang pada Senin untuk membuat keputusan.

Karena bulan baru tidak terlihat setelah matahari terbenam pada Ahad, itu menunjukkan Senin akan dianggap sebagai hari terakhir Sya'ban. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam.

Umat ​​Muslim yang taat harus menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja dan secara tradisional berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari. Pada malam hari pun, umat Islam juga berkumpul di masjid untuk menunaikan sholat tarawih.

Dilansir Al Arabiya, Senin (12/4), karena pandemi Covid-19, banyak negara mayoritas Muslim telah memberlakukan pembatasan pada jemaah termasuk jam malam dan menyerukan agar sholat dilakukan di rumah. 

photo
Infografis Durasi Puasa Terpanjang dan Tersingkat 2021 - (Republika.co.id)
 

https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2021/04/12/Egypt-Lebanon-announce-Ramadan-to-start-Tuesday

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/04/11/Saudi-Arabia-No-evidence-of-sighting-of-Ramadan-moon-decision-to-be-made-Monday

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X