Cerita Puasa Ramadhan di Selandia Baru

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Senin 12 Apr 2021 12:27 WIB

Cerita Puasa Ramadhan di Selandia Baru. Foto ilustrasi: Masjid Al Noor di Deans Avenue, Christchurch, Selandia Baru Foto: EPA-EFE/MARTIN HUNTER Cerita Puasa Ramadhan di Selandia Baru. Foto ilustrasi: Masjid Al Noor di Deans Avenue, Christchurch, Selandia Baru

REPUBLIKA.CO.ID,WELLINGTON -- Hina Tabassum Cheema Peneliti dari Universitas Massey, Selandia Baru menjelaskan mengenai pengalaman berpuasa di negaranya dan pentingnya berpuasa bagi umat Islam.

Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam. Kalender Islam, atau Hijriah, didasarkan pada siklus bulan. Kalender ini berjumlah354 hari, 11 lebih sedikit dari kalender Masehi yang digunakan di Selandia Baru.

Baca Juga

Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam.  Setiap Ramadhan umat Islam wajib berpuasa yang artinya tidak makan, minum (termasuk air mineral), atau aktivitas seksual dari fajar hingga matahari terbenam.

Bulan ini dapat dijadikan sebagai detoksifikasi spiritual. Nabi Muhammad bersabda, Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903)

Selain itu Umat ​​Islam meyakini bahwa Alquran, kitab suci Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad saat bulan Ramadhan, sekitar 1400 tahun yang lalu. Bulan Ramadhan adalah bulan di mana diturunkan Alquran, pedoman bagi seluruh umat manusia.

Sebagaimana dalam Alquran Surah Albaqarah ayat 185,

2.Al-Baqarah : 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Sehingga sudah menjadi kewajiban setiap muslim yang memenuhi syarat untuk berpuasa selama Ramadhan. Kecuali orang-orang yang diperbolehkan tidak berpuasa.  Kewajiban ini juga terdapat dalam rukun Islam dan ketika setiap muslim memenuho rukun Islam ini, berharap dapat lebih dekat dengan Allah SWT.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

 

Muslim yang tinggal di negara-negara dengan siang atau malam yang sangat panjang juga dapat melaksanakan puasa mengacu pada waktu puasa di negara-negara Islam terdekat. Misalnya, Huffington Post memuat analisis siang hari saat Ramadhan jatuh pada bulan Juni 2014. Muslim di Stockholm, Swedia harus berpuasa sekitar 20 jam setiap hari.

Selama berpuasa selain tidak makan dan minum juga menghindari merokok, dan pikiran serta kata-kata yang tidak baik dan perilaku tidak bermoral. Berpuasa dimulai setelah terbit fajar didahului dengan makan sahur hingga matahari terbenam diakhiri dengan berbuka puasa.

Di akhir bulan, setiap muslim akan merayakan sebuah kemenangan ditandai dengan Hari Raya Idul Fitri. Semua orang akan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk merayakannya.

Kalender Islam 11 hari lebih pendek dari kalender Masehi, Ramadhan dimulai pada waktu yang berbeda setiap tahun. Misalnya, tahun lalu dimulai pada tanggal 23 April. Tahun ini akan dimulai pekan ini. Tahun depan, mendekati awal April. Artinya, ia jatuh di setiap musim selama periode 33 tahun.

Ada beberapa kebingungan tentang kapan tepatnya Ramadhan benar-benar dimulai. Jurnalis Jennifer Williams memberikan penjelasan tentang hal ini dalam sebuah artikel untuk situs web Amerika Vox.

Dia menguraikan bagaimana di Arab abad ke-6, orang membuat keputusan berdasarkan apa yang bisa mereka lihat dengan mata telanjang. Bulan baru sulit dikenali, jadi secara tradisional umat Islam menunggu sampai bulan sabit itu sendiri terlihat.

Tetapi ada aliran pemikiran yang berlawanan, tulisnya. Beberapa Muslim percaya jika Nabi Muhammad masih hidup saat ini, dia ingin Ramadhan dimulai berdasarkan pengetahuan astronomi modern yang tepat.

Itu akan memberi umat Islam lebih banyak waktu untuk mempersiapkan Ramadhan dan Idul Fitri. Ini menjadi lebih rumit karena beberapa negara Muslim mengikuti Arab Saudi, sementara yang lain bergantung pada pemantauan bulan mereka sendiri.

Menurut Al-Jazeera , misalnya, Mesir dan Oman mengikuti Arab Saudi, sedangkan Australia dan Iran, misalnya, mengandalkan pemantauan bulan lokal. Ramadan di Pakistan biasanya dimulai pada dua hari yang berbeda di berbagai bagian negara. Di Selandia Baru, Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ) lembaga yang mengumumkan Ramadan. Mereka mengikuti tradisi menggunakan mata telanjang.

Ketidakpastian waktu mulai menciptakan segala macam kegembiraan karena rasa penasaran tetapi itu dapat menyebabkan masalah. Misalnya, sangat sulit untuk mengambil cuti jika Idul Fitri jatuh pada hari kerja, dan sulit untuk merencanakan sebelumnya.

Seorang teman memberi tahunya bahwa dia pernah meminta manajernya untuk mengambil cuti untuk Idul Fitri, tetapi tidak yakin hari apa itu akan jatuh Idul Fitri atau belum dan dikira mengada-ada. Dia merasa malu. Sehingga  FIANZ harus menggunakan metode ilmiah untuk menghindari kebingungan ini.

Ramadhan adalah bulan kebahagiaan dan kedamaian. Ini bermanfaat secara spiritual bagi umat Islam. Kami ingin berpuasa. Jangan merasa Anda perlu merasa menyesal atau bersimpati. Ucapkan selamat kepada kami! Ucapkan Selamat Ramadhan atau Selamat PuasaJika Anda memiliki pertanyaan tentang Ramadhan, tanyakan dengan niat tulusDan jika Anda seorang atasan atau manajer, carilah wanita Muslim, yang biasanya membuat makanan berbuka puasa. Jika Anda bisa membantu, atau menyesuaikan jam kerja di malam hari, itu akan bagus