'Puasa Ajarkan Saling Membantu dan Perkuat Persatuan'

Red: Fernan Rahadi

Rabu 20 May 2020 16:18 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibadah puasa hakikatnya mengajarkan untuk menjalankan puasa yang menahan rasa lapar dan dahaga. Hal tersebut dijalani bersama-sama dengan seluruh umat Muslim di dunia ini. Tidak ada perbedaan antara yang kaya dengan miskin dan antara penguasa dengan rakyat jelata.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta Prof Dede Rosyada mengatakan bahwa puasa juga mengajarkan kepada kita untuk saling membantu, karena itu merupakan ajaran Islam. Apalagi disaat pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, umat harus semakin memperkuat rasa persatuannya.

“Dalam konteks inilah masyarakat harus saling membantu sesuai ajaran Islam yang juga menjadi cita-cita bangsa Indonesia yang ada di dalam Pancasila sebagai dasar negara. Mari kita saling membantu tanpa melihat perbedaan Agama, etnik dan budaya. Dan itu merupakan ajaran semua Agama yang ada di Indonesia bahkan dunia,” ujar Dede beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Dede menyampaikan bahwa pemerintah juga harus serius dalam mengatasi persoalan Covid-19 ini. Karena pandemi ini yang juga diikuti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga telah menimbulkan permasalah ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat. Tetapi tentu pemerintah juga harus melibatkan partisipasi masyarakat untuk mengatasi masalah ini.

“Banyak pegawai yang telah dirumahkan yang otomatis mereka tidak memperoleh penghasilan. Banyak pekerja harian, pedagang pasar maupun sektor informal lain yang harus berhenti bekerja karena kebijakan Pembatasan Sosial Bersakala Besar. Karena itu kebijakan pemerintah alangkah baiknya turut serta melibatkan partisipasi masyarakat untuk meringankan beban mereka,” tutur Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2015-2019 itu.

Karenanya pria yang juga Anggota Dewan Pembina Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) ini menyampaikan bahwa pandemi Covid-19  ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi umat Islam di bulan Ramadhan ini. Karena salah satu yang dibina di bulan Ramadhan ini adalah sikap dan kebiasaan untuk memberi.

“Agama mengajarkan untuk memberi makan untuk berbuka pada orang puasa, Kemudian, di bulan Ramadhan juga Allah mewajibkan zakat fitrah untuk memberi makan orang miskin. Dengan demikian, di bulan Ramadhan ini Allah mendidik manusia untuk menjadi pemurah, berkomitmen untuk membantu sesama,” kata Dede.