Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

 

Ramadhan Hijrah Festival Dibuka Hingga Ahad

Jumat 24 May 2019 20:26 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hasanul Rizqa

Hijrah Festival Ramadhan

Hijrah Festival Ramadhan

Foto: hijrahfest.com
Ramadhan Hijrah Festival akan berpusat di JCC Senayan Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Ramadhan Hijrah Festival 2019 rencananya akan digelar selama tiga hari, Jumat (24/5) hingga Ahad (26/5) mendatang. Presneter Arie Untung sebagai salah seorang penggagas acara ini menyebut hari terakhir Ramadhan Hijrah Fest akan dikhususkan untuk mengenang almarhum Ustaz Arifin Ilham.

Baca Juga

"Hari terakhir acara akan didedikasikan untuk beliau. Insya Allah kita bisa undang keluarga atau para guru-guru besar untuk berkumpul disini," ujar Arie Untung dilokasi kegiatan, JCC Senayan, Jakarta, Jumat (24/5).

Almarhum Ustaz Arifin Ilham sebelumnya termasuk dalam daftat ustaz yang akan mengisi kajian dalam acara Hijrah Fest 2019 ini. Namun, dengan pertimbangan kesehatan pendiri Majelis az-Zikra itu, maka jadwal untuknya terpaksa dibatalkan.

Arie mengakui, kabar duka kepergian almarhum menjadi pukulan yang berat bagi dirinya pribadi dan komunitas artis hijrah. Mereka kehilangan seorang guru sekaligus teladan.

 

Hampir Batal

Ihwal lainnya terkait dengan keadaan Ibu Kota belakangan ini. Arie Untung mengungkapkan, pihak panitia Ramadhan Hijrah Festival cukup terkejut dengan adanya kerusuhan di Jakarta beberapa hari lalu.

Bahkan, sempat ada rencana untuk membatalkan acara ini. Namun, hal itu tidak jadi setelah pihaknya berbicara dengan berbagai kalangan, antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dua hari yang lalu hampir cancel acara. Alhamdulillah, Gubernur meyakinkan kami bahwa Jakarta adalah tempat yang aman," ujarnya.

Hijrah Fest 2019 ini merupakan kegiatan kedua yang digelar di Jakarta. Acara ini dibuat seiring dengan semakin berkembangnya fenomena hijrah dan komunitas muslim di Indonesia.

Selama tiga hari ke depan, ada banyak kegiatan yang bisa diikuti. Diantaranya kajian bersama Ustaz dan Ustazah Indonesia, kelas membaca Alquran, bisnis syariah, hingga kelas jodoh.

"Tiga hari kita sama-sama di sini, kajian bersama. Ada kelas bisnis syariah dan kelas jodoh. Ini salah satu upaya kami setelah hijrah," ujar Arie Untung.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES