Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

 

Dubes AS: Ramadhan Refleksikan Keberagaman

Ahad 19 Mei 2019 05:54 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andri Saubani

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr.

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr.

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Dubes AS untuk Indonesia mengharapkan Ramadhan momentum merekatkan persatuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr mengajak rakyat Indonesia menjadikan momentum Ramadhan untuk merekatkan persatuan di tengah keberagaman. Tak ubahnya seperti di Indoensia, menurut Donovan, seluruh umat muslim di AS juga merayakan Ramadhan dengan cara yang merefleksikan keberagaman dan rasa hormat terhadap pluralisme.

“Bulan suci Ramadhan adalah waktu untuk kita merayakan nilai-nilai seperti kemerdekaan beragama, rasa hormat terhadap toleransi dan keberagaman yang dijunjung warga Amerika Serikat dan Indonesia,” kata Donovan saat menghadiri Ramadhan Jazz Festival 2019 di halaman masjid Cut Meutia, Jakarta pada Sabtu (19/5) malam.

Donovan mengatakan, muslim di AS menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan di AS yang terus menjaga persatuan dan kebersamaan di tengah keberagaman di AS. Bahkan seolah menjadi tradisi seperti di Indonesia, tiap Ramadhan umat muslim AS mengajak serta tetangga dan warga non muslim untuk berbuka puasa bersama. Umat muslim AS tak sungkan membuka pintu rumah bagi warga pemeluk agama lainnya untuk saling berbagi makanan.

Karenanya, menginjak 70 tahun hubungan diplomatik AS dengan Indonesia, ia berharap kesamaan dalam menjaga demokrasi, persatuan dalam keberagaman dapat semakin mempererat kemitraan kedua negara. “Kedua negara memiliki banyak kesamaan, Amerika dan Indonesia adalah negara demokrasi kedua dan ketiga terbesar di dunia yang didirikan atas prinsip persatuan dalam keberagaman,” katanya.

Dalam kesempatan itu Donovan menjadi tamu istimewa dalam penutupan Ramadhan Jazz Festival 2019. Ia pun senang bisa kembali menyaksikan Ramadhan Jazz Festival untuk yang ketiga kalinya selama berada di Indoensia.

Sementara itu aksi sejumlah musisi berhasil memukau para penonton yang hadir dalam penutupan Ramadhan Jazz Festival ke-9. Penampilan Tosca Band membuka Ramadhan Jazz Festival di hari kedua itu. Diantara lagu yang dibawakan Tosca yakni berjudul Ekspresi dan A Whole The World.

Sedang putri penyanyi rock Ikang Fawzi yakni Chiki Fawzi berhasil membawa penonton  hanyut, menghayati lagu-lagu sarat penuh makna yang dibawakannya di Ramadhan Jazz Festival 2019. Bahkan Chiki pun menceritakan sekilas kisah-kisah menarik dan inspiratif dibalik lagu-lagu yang dibawakannya itu. Tiga lagu yang nyanyikan Chiki yakni berjudul 'Halo Jelita', Bandara dan Belukar dunia.

Panggung Ramadhan Jazz Festival makin meriah kala musisi Andre Hehanusa membawakan lagu berjudul karena ku tahu engkau begitu, kuta Bali, dan Bidadari. Begitupun penampilan para penyandang disabilitas dari Yayasan Diffable Action Indonesia (YDAI) yang tampil dengan lagu Maulana ya Maulana yang juga populer dinyanyikan grup band gambus Nissa Sabyan.

Ramadhan Jazz Festival juga jadi ajang reuni para personel grup band Element. Beberapa lagu yang dibawakan Lucky Widja dan rekan-rekannya sukses menghibur penonton. Di antara lagu yang dibawakan yakni akhirnya, cinta tak bersyarat dan maaf dari surga.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Bencana Angin Ribut di Pangalengan

Senin , 21 Okt 2019, 20:00 WIB