Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

 

ACT Sediakan 1.000 Porsi Makanan Buka Puasa di Masjid JIC

Kamis 16 May 2019 13:30 WIB

Rep: Mabruroh / Red: Gita Amanda

Buka puasa bersama Humanity Food Truck ACT.

Buka puasa bersama Humanity Food Truck ACT.

Foto: Doc: ACT
Program ini sangat bermanfaat karena sekitar masjid JIC banyak warga kurang mampu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program Humanity Food Truck menyediakan makan siap saji sebanyak 1.000 porsi. Seribu porsi makanan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak berbuka puasa di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC).

Kepala Sekretariat JIC, Ahmad Juhandi, mengatakan kegiatan bersama ACT ini sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Sejak 2017, ACT telah membantu jamaah dan warga di sekitar masjid yang ingin berbuka puasa bersama.

"Sudah tahun ketiga kegiatan pemberian makan siap saji bagi para jamaah dan warga sekitar masjid. Program ini sangat bermanfaat karena memang warga sekitar masjid JIC banyak warga kurang mampu sehingga terasa betul bagi mereka makan makanan yang bergizi dan tentunya lezat," kata Ahmad dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id pada Kamis (16/5).

Salah seorang Chef Humanity Food Truck ACT, Yadi, mengatakan program buka puasa gratis yang diselenggarakan ACT ini akan berlangsung selama bulan puasa. Selain di JIC ungkapnya, ACT juga menggelar program buka puasa gratis di Bogor.

"Kami sudah melayani di beberapa daerah mulai Tangerang, Cengkareng dan kemaren sore kami melayani buka puasa gratis sebanyak 2.500 porsi di Bogor," kata dia.

Ia melanjutkan, relawan ACT yang membantu memasak sebanyak 10 ribu orang. Mereka memasak sebanyak 1.000 porsi yang artinya membutuhkan beras sebanyak 100 kilogram. Kemudian juga dilengkapi dengan sayur, lauk, dan air mineral.

"Masakan yang kami masak adalah makanan yang bergizi, higenies, halal dan cita rasa Indonesia dengan standar tinggi. Kemasan yang digunakan juga yang berkualitas bagus. Sehingga kebanyakan orang yang menyantap masakan kami pasti merasa puas," paparnya.

Humanity Food Truck ACT, ungkapnya, beroperasi dari infak, sedekah, dan zakat para dermawan. Sasaran program tersebut adalah pekerja informal berpenghasilan rendah, warga miskin, musafir, penunggu pasien di rumah sakit, dan komunitas rawan pangan.

"Semua proses memasaknya di truk Mitshubisi Fuso FM 517HL dengan panjang 8 meter, lebar 2.5 meter dan tinggi 2.7 meter. Mobil truck tersebut sudah hadir sejak pagi di kawasan kompleks JIC," terang Yadi.

Kepala Bagian Umum Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, Sofyan Jamaludin mengaku sangat berterima kasih dengan program buka puasa gratis yang diselenggarakan oleh ACT. Dia juga berharap agar program tersebut dapat berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

"Saya mengucapkan terimaksih kepada ACT yang telah memberikan makanan buka puasa 1000 porsi. Tentunya jamaah dan warga sekitar masjid bisa menikmati makanan yang disajikan. Semoga tahun-tahun berikutnya bisa berlanjut," kata Sofyan.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES