Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

 

Konsumsi Air PDAM Selama Ramadhan di Bandung Meningkat

Rabu 15 May 2019 16:50 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda

PDAM

PDAM

Foto: dok. Istimewa
Konsumsi air bersih PDAM Ramadhan mengalami kenaikan mencapai 10 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja mengungkapkan konsumsi air bersih selama bulan puasa Ramadhan mengalami kenaikan mencapai 10 persen. Hal itu dipicu dengan budaya masyarakat yang lebih banyak menggunakan air saat hendak berbuka dan sahur.

Baca Juga

"Masyarakat relatif lebih banyak menggunakan air pada saat persiapan buka puasa sampai sahur. Yang biasa tidak masak jadi masak," ujar Manager Humas dan Sekretariat PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati kepada wartawan saat di Soreang, Rabu (15/5).

Menurutnya, kenaikan pemakaian air di masyarakat hampir merata terjadi seluruh wilayah yang terlayani. Meski kenaikan tidak terlalu signifikan, namun pihaknya terus mengupayakan kualitas air yang diterima oleh pelanggan adalah kualitas yang bagus.

Saat ini, ia menuturkan jumlah pelanggan air bersih PDAM sendiri mencapai 98.103 pelanggan yang tersebar di wilayah Selatan, Timur dan wilayah Utara Bandung Raya.

Dirinya merincikan, di wilayah Selatan, pelanggan yang terlayani berada di Soreang, Ciwidey, Banjaran dan Pangalengan serta Kutawaringin. Sementara yang belum terlayani yaitu Kertasari, Margaasih, Margahayu dan Arjasari.

Sedangkan yang terlayani di wilayah Timur yaitu Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Pacet, Dayeuhkolot, Majalaya, Rancaekek, Cicalengka dan Ciwidey. Sementara yang belum terlayani yaitu Cilengkrang, Nagreg, Ibun dan Cilengkrang.

Selain itu, di wilayah Utara yang terlayani yaitu Cimahi, Padalarang, Cikalong Wetan, Cililin, Batujajar dan Cisarua serta Lembang. Sedangkan yang belum yaitu Sindangkerta, Gununghalu, Cipongkor, Rongga, Cipendeuy dan Saguling.

"Selama Ramadhan ini, kita bersiap dan mengantisipasi stok air baku," katanya. Selain itu, dirinya menambahkan, PDAM terus melakukan perawatan dan jaringan pipa agar tetap dalam kondisi yang baik dan berkualitas.

"Kita juga menyiapkan petugas administrasi dan tim lainnya. Jelang idul fitri dilakukan juga sistem piket," ungkapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES