Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

 

Kitab Fadlail Al-Auqat Ungkap Keutamaan Ramadhan

Selasa 14 Mei 2019 10:54 WIB

Red: Agung Sasongko

Ramadhan

Ramadhan

Foto: IST
Dalam kitab Fadlail al-Auqat dipaparkan hadis-hadis terkait keutamaan Ramadhan,

Abu Bakar Ahmad bin al-Husain bin Ali al-Baihaqi menulis sebuah buku yang bertajuk Fadlail Al-Auqat memaparkan pula hadis-hadis yang berkaitan dengan keutamaan Ramadhan.

Disebutkan dalam riwayat Abu Hurairah, tatkala bulan suci itu tiba, maka pintu-pintu surga akan terbuka. Sebaliknya, pintu-pintu neraka akan dikunci. Dan, setan akan dibelenggu.

Baca Juga

Dalam riwayat Abu Hurairah yang lain, Rasulullah mengatakan, tatkala pintu surga itu dibuka, seseorang memanggil dan menyampaikan seruan, ¡±Wahai para pencari kebaikan, bersegeralah, dan wahai para pelaku keburukan cukupkanlah. Al-Baihaqi memaparkan anjuran untuk memaksimalkan waktu beribadah di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Rasulullah senantiasa menghidupkan sepuluh hari terakhir dan mengajak segenap keluarganya. Al-Baihaqi memaparkan juga riwayat tentang jumlah rakaat shalat tarawih di masa Umar bin al-Khattab atau sesudahnya. Berdasarkan riwayat As Saib bin Yazid, kala itu, Umar bin al-Khattab memerintahkan Ubai Bin Ka'ab dan Tamim Ad Dari untuk menunaikan tarawih 11 rakaat.

Tetapi, surat yang dibaca adalah surat-surat yang memiliki jumlah ayat tak kurang dari 200 ayat. Bahkan, diceritakan pelaksanaan tarawih kala itu hingga mendekati fajar. Riwayat yang sama datang dari Aisyah. Riwayat dari Ali bin Abi Thalib menyatakan bahwa ia dan beberapa sahabatnya menunaikan tarawih dua puluh rakaat ditambah witir tiga rakaat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES