Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

 

H+2 Lebaran, 38.716 Kendaraan Masuk Jalur Puncak

Ahad 17 Jun 2018 10:37 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sejumlah kendaraan yang akan menuju puncak melintas di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6).

Sejumlah kendaraan yang akan menuju puncak melintas di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Terjadi antrean kendaraan di exit tol ciawi sejak pukul 06.30

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri sejumlah kendaraan mulai memadati kawasan Puncak. Terhitung 38.716 kendaraan memasuki jalur Puncak sejak Sabtu (16/6) hingga pukul Ahad (17/6) pagi pukul 07:00.

"Bertepatan dengan hari libur juga masih suasana lebaran, sehingga menjadi kesempatan bagi warga untuk silaturahmi dan wisata ke daerah Puncak," ujar Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena, Ahad (17/6).

Dengan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak, terjadi kepadatan dan antrean kendaraan sepanjang 2 kilometer di exit tol Ciawi. Kepadatan di sekitaran interchange Bogor ini sudah terjadi sejak pukul 06:30.

Dari data yang dihimpun oleh Polres Bogor, jumlah kendaraan yang masuk sejak Sabtu (16/6) kemarin hingga Ahad pagi pukul 07:00 yaitu 38.716 kendaraan. Rata-rata kendaraan yang masuk didominasi kendaraan pribadi.

"Untuk mengurangi kepadatan kita berlakukan sistem satu arah lebih cepat. Dari jam 07:00," lanjut AKP Ita.

Pengaturan sistem satu arah atau SSA menuju ke atas seharusnya diberlakukan pukul 07:30. Namun melihat kondisi jalan, satuan lalu lintas Polres Bogor pun memutuskan untuk mempercepat pengaturan tersebut.

Beberapa simpul kepadatan pun terjadi di jalur Puncak, Bogor menuju Cianjur. Diantaranya terlihat di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

250 personel gabungan dari satlantas Polres Bogor, satuan Sabhara Polres Bogor, dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung, dan Cisarua diturunkan untuk mengatur lalu lintas di kawasan Puncak.

Kepada masyarakat yang menuju Cianjur, pihak kepolisian mengimbau agar menggunakan jalur alternatif melalui Jonggol. "Yang ingin ke Cianjur, Cipanas, itu bisa lewat Jonggol. Jaraknya hanya 86 kilometer dan lebih cepat daripada lewat Puncak," ujar AKP Ita.

Kepada pengemudi yang ingin menuju Sukabumi, kepolisian juga melakukan kanalisasi. Pengemudi bisa mengambil jalur paling kanan karena antrean menuju Puncak sudah cukup panjang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA