Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

 

Jakarta Islamic Centre Siap Sambut 20 Ribu Jamaah Shalat Id

Rabu 13 Jun 2018 15:05 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ratna Puspita

Jakarta Islamic Centre (JIC).

Jakarta Islamic Centre (JIC).

Foto: Dok JIC
Imam shalat Id, yakni Drs H Muhtadi Azis, sedangkan khutbah oleh KH Misbahul Munir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC) Ustaz H Rakhmad Zailani Kiki menyampaikan, setiap tahun jamaah shalat Idulfitri (Id) selalu membeludak hingga peataran. Karena itu, Masjid Raya JIC mempersiapkan dengan matang pelaksanaan shalat Id tahun ini. 

Ustaz Kiki mengatakan, persiapan pelayanan kepada umat Islam yang akan melaksanakan shalat Id di antaranya memastikan tempat shalat bersih. “Karena, kalau Sholat Idul Fitri jamaah sampai meluber di halaman bawah," kata Ustaz Kiki kepada Republika.co.id, Rabu (13/6).

Ia menerangkan jamaah di tempat ibadah utama, yakni di lantai dua, biasanya akan penuh, sehingga meluber ke halaman bawah. Panitia juga akan menyiapkan televisi bagi jamaah yang mendapatkan tempat shalat di lantai dasar agar bisa melihat secara langsung khutbah Idulfitri.

“Jadi persiapan fasilitas harus sudah ditata saat beberapa hari menjelang Idul Fitri,” kata dia.

Berkaca pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, jumlah jamaah bisa mencapai 20 ribu orang. Ia menginformasikan, bagi jamaah ingin mendapatkan shaf di depan saat shalat Id, sebaiknya datang sekitar pukul 05.30 WIB. 

Ustaz Kiki mengatakan, Imam shalat Id di Masjid Raya JIC, yakni Drs H Muhtadi Azis, sedangkan khutbah Idul Fitri akan diisi oleh KH Misbahul Munir. Sebelum melaksanakan shalat, Masjid Raya JIC akan memberikan penjelasan singkat mengenai tata cara shalat Id kepada jamaah. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA