Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

 

Siswa TKIT Nurul Fikri Ikut Safari Ramadhan

Jumat 25 Mei 2018 15:59 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu kegiatan dalam rangka Safari Ramadhan di TKIT Nurul Fikri Depok.

Salah satu kegiatan dalam rangka Safari Ramadhan di TKIT Nurul Fikri Depok.

Foto: Dok NF
Kegiatan ini untuk menumnbuhkan kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya.

REPUBLIKA.CO.ID DEPOK --  Sekolah Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri Depok  mengadakan berbagai kegiatan selama sepekan Ramadhan 1439 H. Safari Ramadhan tersebut diadakan di TKIT Nurul Fikri, Depok, Jawa Barat, 21-25 Mei 2018.  Semua level, mulai dari level toddler, PG dan TK B turut mengikuti kegiatan tersebut.

Penanggung jawab kegiatan, Nurul Octariningsih menuturkan, kegiatan ini untuk menumnbuhkan kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya dan juga memberikan suasana yang menyenangkan ketika berpuasa.

"Melatih kesabaran, menumbuhkan empati kepada sesama, dan juga menjalin kerja sama dengan orang tua dalam memberikan alternatif kegiatan untuk siswa," ujar Nurul yang juga menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum (Wakakur) melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/5).

Ia menambahkan, program Ramadhan anak ini rutin dilakukan tiap tahun. “Namun untuk kegiatannya bisa berubah-ubah dan variatif tergantung dari penanggung jawab kegiatan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga ikut melibatkan orang tua siswa sebagai nara sumber ataupun penonton. Kegiatan dimulai pukul 07.15-10.00 WIB, di antaranya, membaca iqro dengan metode Nurul Bayan, tahfizh dan muroja’ah, hafalan hadits, dan doa-doa.

“Ada penambahan kegiatan inti yang setiap harinya selalu berbeda. Di antaranya, menonton film tentang puasa, mendengarkan dongeng, orang tua bercerita, dan membuat keterampilan,” tuturnya.

Nurul mengemukakan, dalam kegiatan Ramadan, TKIT Nurul Fikri melibatkan peran orangtua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk mempererat tali silaturahim dengan sekolah dan antarorangtua siswa.

“Dalam ranah pendidikan di sekolah, salah satu kerja samanya adalah dengan orangtua,  baik dalam mendidik maupun  mengasuh. Untuk itu,  kegiatan di sekolah pun mereka harus diikutsertakan agar terjadi sinergi yang baik,” tandas Nurul Octariningsih.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Shalat Istisqa di Lombok

Jumat , 18 Okt 2019, 10:56 WIB