Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

 

Masjid Siapkan Sajian Berbuka (1)

Selasa 24 Jun 2014 00:07 WIB

Rep: c57/c67/c73/ Red: Damanhuri Zuhri

Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,

Beberapa perusahaan dan perorangan menjadi sponsor.

JAKARTA — Sejumlah masjid besar di Jakarta bersiap melanjutkan tradisi mulia yang biasa mereka lakukan pada bulan suci Ramadhan. Tradisi itu, yakni menyajikan makanan berbuka puasa secara gratis untuk para jamaah.

Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Jakarta, misalnya, berencana menyediakan 1.000 boks takjil dan makanan berat untuk para jamaah yang berbuka puasa di masjid ini.

Tak hanya sajian berbuka, masjid yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, itu juga menyediakan 1.000 boks makanan untuk makan sahur.

Di luar sajian makanan yang telah direncanakan itu, kata Sekretaris Eksekutif MASK Ahmad Izzudin Syamma, biasanya ada donatur yang menyumbangkan nasi boks tambahan.

Biasanya, nasi sumbangan berjumlah sekitar 1.000 boks. “Sehingga, total menjadi 2.000 boks makanan,” ujar Izzuddin kepada Republika, Jumat (20/6).

Untuk menyediakan takjil, santapan berbuka, dan sahur tersebut, MASK mendapat bantuan dana dari sejumlah sponsor.

Tiga Ramadhan terakhir, sejumlah perusahaan perbankan, seperti BRI, Bank Bukopin, BNI, dan BJB menjadi sponsor. Begitu pula pengusaha yang kini menjabat sebagai Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT).

“Sudah tiga tahun ini, bank-bank konvensional, seperti BRI, BNI, Bukopin, BNI, dan BJB, serta sponsor perorangan, seperti Pak CT, masing-masing menyumbang Rp 100 juta untuk buka puasa bersama dan makan sahur para jamaah MASK,” kata Izzuddin. “Insya Allah, Ramadhan tahun ini juga, tapi memang belum cair.”

Yang jelas, Izzudin mengungkapkan, Ramadhan tahun ini MASK telah mendapat kepastian sponsor dari sejumlah pihak.

Sebut saja misalnya, Grup RNI yang akan menyumbang 100 boks makanan per hari selama Ramadhan dengan harga Rp 18.500 per boks.

Ada pula sponsor lain dengan jumlah sumbangan bervariasi, seperti Grup Bosowa, Dirut PT RNI Ismed Hasan Putro (IHP), dan Kedutaan Arab Saudi.

“Pak IHP akan menyediakan 100 boks takjil dan makanan untuk berbuka puasa pada bulan Ramadhan nanti.” Tahun lalu, Izzuddin melanjutkan, total dana dari sponsor untuk kegiatan buka puasa bersama dan sahur mencapai Rp 1 miliar.

Bukan sekadar menyediakan santapan gratis bagi para jamaah, menurutnya, kegiatan ini memiliki tujuan yang lebih luas. Salah satunya, untuk mendukung gerakan syiar Islam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES