Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

 

Wabup Hadiri 'Balimau Paga' di Ranah Pesisir

Ahad 05 Jun 2016 22:04 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Balimau di Provinsi Sumatera Barat.

Balimau di Provinsi Sumatera Barat.

Foto: pelangiholiday.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar, Ahad (5/6) menghadiri prosesi 'balimau paga' yang digelar masyarakat adat di Kecamatan Ranah Pesisir dalam rangka menyambut Ramadhan 1437 Hijriah. Dalam sambutannya wakil bupati mengapresiasi kekompakan masyarakat adat.

Dia mengharapkan hal itu terjadi tidak hanya ketika akan melaksanakan prosesi 'balimau paga' saja namun juga dalam menyokong pembangunan daerah. "Kalau semuanya kompak seperti ini saya yakin Kabupaten Pesisir Selatan akan tumbuh dengan cepat," ungkapnya.

Ia menambahkan kegiatan 'balimau paga' harus tetap dilestarikan karena nilai kekeluargaannya begitu kental dan bisa menyatukan berbagai lapisan masyarakat. Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumbar, Syaiful Ardi, yang juga menghadiri kegiatan itu mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya kekompakan masyarakat akan mempercepat pembangunan daerah. "Tanpa masyarakat kami tidak akan bisa berbuat banyak untuk itu kami berharap kekompakan tidak hanya sebatas dalam acara ini saja," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Camat Ranah Pesisir, Irwan, Kepala Polisi Sektor Ranah Pesisir, Iptu Busrial, Komandan Koramil 02/Ranah Pesisir, Kapten S  Harahap dan pemuka adat setempat. Sebanyak 38 bejana berisikan bermacam-macam kembang yang mengeluarkan aroma wangi beserta airnya disediakan oleh kelompok ibu yang familier dengan sebutan 'bundo kanduang' sebagai pelengkap prosesi.

Kegiatan dimulai dengan tari galombang yang merupakan tari tradisional setempat. Kemudian ditutup dengan mengusapkan air kembang ke dahi oleh masing-masing peserta.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES