Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

 

KAI Operasikan Kereta Tambahan Lebaran Ekstra

Ahad 26 May 2019 16:40 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto

KA lebaran ekstra hanya dioperasikan selama sembilan hari mulai 1-9 Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Selama masa angkutan lebaran, PT KAI tidak hanya mengoperasikan KA Tambahan Lebaran saja. Melainkan juga menambah armadanya dengan KA Tambahan Ekstrra Lebaran.

''Sebenarnya ada empat KA tambahan ekstra lebaran yang dioperasikan. Tapi KA ekstra yang dioperasikan dengan melintasi wilayah Daop 5, ada 2 KA tambahan lebaran ektra,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Ahad (26/5).

Baca Juga

KA tambah lebaran ekstra yang dioperasikan dengan rute melintasi  wilayah Daop 5, antara lain KA Purwosari Tambahan dan KA Madiun Tambahan. KA Purwosari Tambahan melayani relasi Pasar Senen-Purwosari, sedangkan KA Madiun Tambahan melayani rute Pasar Senen-Madiun. ''Seluruhnya merupakan KA ekonomi dengan kapasitas 850 penumpang per rangkaian KA,'' kata dia.

Meski demikian dia menyatakan, kedua KA Tambahan Lebaran Ekstra ini tidak dioperasikan full 22 hari selama masa angkutan lebaran. Melainkan hanya dioperasikan selama sembilan hari mulai tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019.

Sedangkan pemesanan tiket KA tersebut, sudah dilayani sejak Jumat (24/5) melalui berbagai gerai penjualan tiket KA online maupun non online. ''Saya lihat, masih ada ada tiket KA yang terjual. Silakan, masyarakat yang belum mendapat tiket bisa segera melakukan pembelian,'' katanya.

Selain mengoperasikan  KA Tambahan Ektra Lebaran, Supriyanto menyebutkan, selama masa angkutan lebaran ini PT KAI juga menggandengkan gerbong KA kelas Luxury serie-2 di beberapa KA Reguler kelas eksekutif.

''KA luxury serie 2 ini mulai dioperasikan sejak tanggal 26 Mei 2019. Pada masing-masing KA, akan digandengkan 1 KA kelas luxury,'' jelasnya.

KA luxury tersebut, antara lain digandengkan pada KA Gajayana relasi Gambir-Malang, KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo, KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo, KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta.

Supriyanto menyebutkan, selama masa angkutan lebaran ini PT KAI memberlakukan tarif promo untuk harga tiket KA luxury. Untuk KA luxury yang digandengkan pada KA Gajayana, harga tiket dijual seharga Rp 1.000.000, KA Argo Lawu Rp 800.000, KA Argo Dwipangga Rp 800.000, dan KA Taksaka Rp 750.000

''Fasilitas yang ada dalam kereta Luxury serie-2, antara lain ada food table, LCD Tv, USB Port, Read Lamp, Attendance call button. Penumpang kereta Luxury akan mendapatkan makanan, minuman, dessert, snack serta selimut dan face towel,'' ucap dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES