Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

 

KAI Daop 5 Purwokerto Siapkan 4 Kereta Tambahan Lebaran

Senin 20 May 2019 15:30 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto

KAI daop Purwokerto menyiapkan 12 kereta reguler.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Persiapan PT KAI Daop 5 Purwokerto menghadapi masa angkutan lebaran semakin matang. Manajer Humas PT KAI Daop 5, Supriyanto, salah satu yang disiapkan adalah armada KA yang akan melayani penumpang selama masa angkutan lebaran.

''Selain 12 KA reguler yang sudah dioperasikan, kami juga mendapat jatah untuk mengoperasikan 4 KA tambahan lebaran selama masa angkutan lebaran,'' ucap dia, Senin (20/5).

Baca Juga

Dia menyebutkan, seluruh armada rangkaian KA tersebut harus benar-benar dipersiapkan agar tidak terjadi masalah selama melayani pelaksanaan masa angkutan lebaran. ''Untuk itu, kita sudah periksa kondisi seluruh rangkaian KA yang akan dioperasikan,'' katanya.

Menurut Supriyanto, perawatan rangkaian KA, baik untuk lokomotif maupun gerbong, sebenarnya telah dilaksanakan secara rutin. Pemeriksaan terdiri dari jenis pemeriksaan  harian, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan serta tahunan.

''PT KAI Daop 5 punya dua dipo KA yakni di komplek stasiun Purwokerto dan Kutoarjo. Dengan demikian, perawatan lokomotif dan gerbong dilakukan di dua dipo tersebut,'' katanya.

Dalam perawatan harian, kata Supri, pemeriksaan yang dilakukan terhadap lokomotif meliputi pengecekan pengereman, alat tolak tarik dan selang angin/air brake, klakson/suling lokomotif, penghapus kaca/wiper, speedometer, deadman pedal, lampu sorot dan kabut, lampu kabin masinis dan radio lokomotif. ''Itu item yang diperiksa selama perawatan harian, untuk perawatan bulanan hingga tahunan, tentu lebih lengkap lagi,'' katanya.

Sedangkan untuk rangkaian gerbong penumpang, perawatan harian dilakukan sesuai KA tersebut melakukan satu perjalanan. Perawatan dilakukan, antara lain berupa kegiatan pembersihan, pengisian air, pengecekan lampu interior, kursi dan pengecekan pengereman.

''Mengingat lokasi Daop 5 yang berada di tengah-tengah perjalanan KA dari Jakarta maupun Jawa Timur, tim perawatan sarana KA ini selalu siaga untuk melakukan tindakan segera apabila ada rangkaian KA yang mengalami gangguan. Terutama pada masa angkutan lebaran besok,'' ujar dia.

Menurutnya, armada lokomotif yang saat ini perawatannya menjadi tanggung jawab PT KAI Daop 5 Purwokerto, ada sebanyak 32 lokomotif. Lokomotif sebanyak itu, antara lain untuk lokomotif KA penumpang sebanyak 14 unit, untuk KA tambahan lebaran 4 unit, lokomotif bantuan 2 unit, lokomotif KA barang 7 unit, lokomotif untuk kegiatan langsiran/darurat 3 unit, dan lokomotif cadangan 2 unit.

Prinsipnya, kata Supriyanto, seluruh jajaran, sarana dan prasarana PT KAI Daop 5 Purwokerto sudah siap melayani masa angkutan lebaran yang berlangsung selama 22 hari, 26 Mei-16 Juni 2019. ''Selama masa angkutan lebaran ini, kami akan menyiagakan seluruh sumber daya yang ada dengan melaksanakan posko lebaran,'' katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES