Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

 

Mudik dengan KA, Ini Aturan yang Harus Ditaati Penumpang

Kamis 16 May 2019 16:13 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda

Penumpang menaiki kereta api

Penumpang menaiki kereta api

Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Penumpang dilarang membawa bagasi lebih dari 20 kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT KAI mengimbau kepada setiap penumpang untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Hal itu demi keamanan dan kenyamanan para penumpang selama dalam perjalanan.

Baca Juga

Adapun peraturan itu di antaranya mengenai ketentuan kapasitas bagasi yang tidak melebihi 20 kilogram. Untuk penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan yang ditetapkan, akan dikenakan bea kelebihan bagasi dengan tarif bagasi KA eksekutif Rp 10 ribu per kilogram, KA Bisnis Rp 6.000 per kilogram dan KA Ekonomi Rp 2.000 per kilogram.

"Patut diingat juga bahwa perjalanan KA bebas asap rokok. Jika ada penumpang yang merokok, maka penumpang itu akan diturunkan di stasiun pertama KA berhenti," kata Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, Kamis (16/5).

Selain itu, lanjut Tamsil, penumpang juga diharapkan memperhatikan ketentuan barang-barang yang tidak dapat dibawa di atas KA. Seperti misalnya, bahan yang mudah meledak, narkoba, senjata api/tajam, hewan peliharaan, maupun barang dengan bau menyengat yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Khusus bagi penumpang ibu hamil, yang diperbolehkan naik KA jarak jauh adalah usia kehamilannya 14 pekan sampai 28 pekan. Sedangkan ibu hamil dengan usia kandungan di luar masa tersebut harus menyertakan surat keterangan dokter/bidan yang menyatakan kondisi ibu dan kandungannya sehat serta wajib didampingi minimal satu penumpang dewasa.

Sementara itu, untuk memudahkan penumpang, Tamsil menambahkan, pihaknya menyediakan layanan e-boarding pass sehingga tidak perlu mengantre lagi untuk mencetak boardingpass di check-in counter. Layanan tersebut hanya terdapat pada aplikasi KAI Access.

"Kami juga mengingatkan agar penumpang tidak lupa membawa kartu identitas untuk pengecekan saat proses boarding. Utamakan selalu keselamatan dan menjaga barang bawaan masing-masing demi perjalanan mudik dan balik yang aman, lancar dan nyaman," kata Tamsil. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES