Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

 

Pemprov Lampung Sediakan Bus di Dermaga Eksekutif Bakauheni

Kamis 09 May 2019 11:15 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih

Kendaraan memasuki kapal untuk menyeberang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (2/5).

Kendaraan memasuki kapal untuk menyeberang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (2/5).

Foto: Republika/Prayogi
Harga tiket yang ditawarkan berkisar RP 35 ribu per penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1440/2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan menyediakan puluhan bus eksekutif di Dermaga VII Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Bus eksekutif tersebut melayani rute Pelabuhan Bakauheni – Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Publik Pemprov Lampung Heriyansyah membenarkan Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung bekerja sama dengan Organda Lampung akan menyedia bus eksekutif di Dermaga VII Eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada mudik dan balik Lebaran 2019. “Bus eksekutif tersebut akan beroperasi mulai H-10,” katanya di Bandar Lampung, Kamis (9/5).

Baca Juga

Ia mengatakan, penyediaan bus tersebut untuk melayani penumpang kapal eksekutif dari Pelabuhan Merak menuju Dermaga VII Eksekutif Pelabuhan Bakauheni. Menurut dia, ini untuk yang pertama Pemprov bekerja sama dengan Organda Lampung menyediakan angkutan bus eksekutif.

Dalam waktu dekat, Dishub Lampung akan melakukan nota kesepahaman dengan pihak Organda Lampung untuk membahas penyediaan bus eksekutif di Dermaga VII Eksekutif Pelabuhan Bakauheni dan juga di Terminal Induk Rajabasa. Paling tidak terdapat 40 unit lebih bus yang akan beroperasi selama masa mudik dan balik Lebaran 2019.

Mengenai penyediaan bus, Ketua Organda Lampung I Ketut Pasek menyatakan organda akan melibatkan sejumlah pengusaha bus untuk masing-masing mengirimkan setidaknya dua unit bus eksekutif untuk melayani rute Pelabuhan Bakauheni – Terminal Rajabasa. Para pengusaha bus di Lampung akan mempersiapkan bus eksekutif jenis medium dengan kapasitas penumpagn 30 sampai 40 orang.

Menurut dia, bus-bus eksekutif jenis medium dari organda tersebut diharapkan sudah dapat beroperasi mulai H-10 arus mudik Lebaran 2019. Mengenai tiket bus, para penumpang kapal eksekutif dapat memesan dari Pelabuhan Merak pada loket yang disediakan, sedangkan dari Kota Bandar Lampung atau sekitarnya dapat memesan di Terminal Induk Rajabasa. Harga tiket yang ditawarkan berkisar RP 35 ribu per penumpang.

Bus-bus eksekutif yang mengarungi rute Bakauheni – Terminal Rajabasa akan melintas di Jalan Tol Trans Sumara ruas Bakauheni – Kotabaru. Melintas di jalan tol tersebut agar jarak tempuh dan waktu dapat diperpendek, sehingga pelayanan kepada penumpang dapat maksimal.

Yudi Djunaedi, warga Hanura, Pesawaran mengapresiasi Pemprov Lampung menyediakan bus eksekutif dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terminal Rajabasa. Menurut dia, selama ini penumpang yang turun dari kapal kesulitan mendapatkan bus yang dapat langsung jalan ke Terminal Rajabasa.

“Rata-rata bus yang ada ngetem sampai penuh penumpang, padahal jumlah kursinya bisa 60 sampai 100 lebih, jadi nunggu sampai berjam-jam habis waktu di dalam bus” ujar wiraswasta tersebut.

Ia mengatakan selain lama ngetem di dalam bus, tarif bus juga selalu berubah-ubah. Sebab, sudah banyak calo berkeliaran di pelabuhan, sehingga penumpang pejalan kaki merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Sedangkan angkutan mobil travel juga sama sering mempermaikan tarif dan tidak tepat janji setelah perjalanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA