Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Tol Bakauheni-Terbanggibesar Lampung Bisa Dilintasi Pemudik

Kamis 02 Mei 2019 22:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Israr Itah

Sejumlah kendaraan melaju di ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar, Lampung, Kamis (2/5).

Sejumlah kendaraan melaju di ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar, Lampung, Kamis (2/5).

Foto: Republika/Prayogi
Tol sepanjang 140 kilometer itu melewati beberapa daerah

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Para pemudik roda empat yang melintasi Pelabuhan Merak-Bakauheni, bisa memanfaatkan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) pada momen Ramadhan 1440 Hijriah kali ini. Tol sepanjang 140 kilometer itu melewati beberapa daerah, antara lain Kalianda, Sidomulyo, Lematang, dan Kotabaru. 

Bahkan jika Anda ingin mudik ke Bandar Lampung dengan mobil pribadi, cukup melintasi Tol Bakter lalu keluar di simpang susun Kotabaru. Bila ingin terus ke utara arah Sumatra Selatan, keluar di pintu tol Terbanggibesar untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke arah utara.

Baca Juga

Dari pantauan Republika.co.id pada Kamis (2/5), Tol Bakter masih sangat lengang. Material beton pelapis jalan tol ini terasa mulus saat dilintasi. Hingga saat ini, tol tersebut masih gratis dan belum dapat dipastikan sampai kapan batas waktunya. Sebuah plang tampak mendongak ke badan jalan, dengan tulisan bahwa tol ini dalam tahap sosialisasi dan masih gratis.

Namun bagi para pemudik harus tetap berhati-hati saat melalui Tol Bakter. Karena bukan tol kota, tiang lampu penerangan hanya ada di sekitar simpang susun. Untuk keamanan, lebih baik melintas di waktu siang atau Anda harus memaksimalkan lampu jauh kendaraan.

Selain itu, rest area di sepanjang Tol Bakter masih sangat minim. Salah seorang petugas patroli tol, menyampaikan area peristirahatan bagi pengendara hanya di kilometer 33. Fasilitas yang tersedia di sana juga masih minim, hanya ada mushala dan bengkel. "Pom bensinnya juga belum ada di sepanjang tol sampai Terbanggibesar," kata petugas tersebut.

Di ruas Tol Bakter KM 11 arah Bakauheni, tampak ada perbaikan jalan. Alat berat terlihat di area perbaikan. Petugas patroli tersebut mengatakan perbaikan di ruas jalan itu dilakukan karena sebelumnya terdapat lubang sehingga harus ada pembongkaran. Menurutnya perbaikan ini tidak memakan waktu lama. Diperkirakan, sebelum Lebaran sudah selesai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA