Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

 

Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diperkirakan Naik 15 Persen

Jumat 03 May 2019 15:58 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatera antre menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat, (3/5).

Sejumlah truk yang akan menyeberang ke Sumatera antre menunggu kedatangan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat, (3/5).

Foto: Republika/Prayogi
ASDP Merak telah menyiapkan berbagai fasilitas sebagai antisipasi kenaikan pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Merak, Capt. Solikin memperkirakan jumlah pemudik lebaran 2019 yang melintasi pelabuhan tersebut meningkat 15 persen ketimbang tahun lalu. Sejumlah fasilitas pun sudah dibenahi dan beberapa di antaranya ditambah.

Baca Juga

"Kita memproyeksikan untuk ASDP di sini ada kenaikan demand sebesar 15 persen dari tahun lalu. Kenaikan ini berdasarkan data yang ada. Tapi nanti kita lihat kembali sesuai arahan atau masukan atau data dari litbang Kementerian Perhubungan," kata dia di kantor ASDP Merak, Banten, Jumat (3/5).

Solikin melanjutkan, ASDP Merak telah menyiapkan berbagai fasilitas sebagai antisipasi atas proyeksi kenaikan jumlah pemudik sebesar 15 persen itu. Fasilitas dasar seperti toilet, ruang ibu menyusui, dan tenant-tenant telah ditata.

"Penataan dan pembangunan ini sudah dilakukan dari satu bulan lalu. Fasilitas yang tersedia semuanya kita siapkan untuk kenaikan 15 persen. Seluruh fasilitas kita jamin semuanya siap digunakan dan dilayani oleh karyawan yang profesional di bidangnya," ujarnya.

Untuk loket, jelas Solikin, total ada 73 loket pembelian tiket kapal di Pelabuhan Merak. Dari jumlah tersebut, 25 loket sedang dibangun di Dermaga 7 khusus kendaraan roda. Dermaga 7 memang difokuskan untuk menampung kendaraan roda dua.

"Loket untuk kendaraan roda empat itu total ada 14. Ada dua loket di dermaga eksektuif buat mobil. Semua loket kita rapihkan sampai layak," kata dia.

Tak hanya itu, keamanan di Pelabuhan Merak pun dibuat berlapis-lapis. Selain penjaga keamanan dari pihak ASDP Merak, pengamanan ini juga melibatkan aparat kepolisian dan TNI. CCTV juga banyak terpasang sehingga semua sudut termonitor.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persiapan Lebaran Betawi Monas

Kamis , 18 Jul 2019, 21:00 WIB