Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

 

H+4 Puncak Arus Balik di Tol Fungsional Kartasura- Salatiga

Rabu 20 Jun 2018 17:37 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andi Nur Aminah

Perlambatan kendaraan arus balik terpantau menjelang gerbang tol (GT) Barukan yang menjadi pintu gerbang arus lalu lintas ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga menuju ruas tol operasional Salatiga, Selasa (19/6) malam.

Perlambatan kendaraan arus balik terpantau menjelang gerbang tol (GT) Barukan yang menjadi pintu gerbang arus lalu lintas ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga menuju ruas tol operasional Salatiga, Selasa (19/6) malam.

Foto: Republika/Bowo Pribadi
Lonjakan volume kendaraan arus balik diprediksi masih akan terjadi akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA -- Puncak arus balik Lebaran 1439 Hijriah di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga berlangsung pada Selasa (19/6). Kendati begitu, lonjakan volume kendaraan arus balik diprediksi masih akan terjadi pada akhir pekan ini.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno mengatakan berdasarkan data jumlah kendaraan yang melintas pada arus balik Lebaran dibuka pada Senin (18/6) mulai pukul 06.00 WIB terus menunjukkan peningkatan volume. Pada hari pertama dibuka untuk arus balik (H+3) jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional ini mencapai 14.032 kendaraan dari arah Kartasura menuju Salatiga.

Jumlah ini mengalami peningkatan pada H+4 atau pada Selasa (19/6), dengan jumlah kendaraan yang melintas dari arah timur ke barat mencapai 14.476 kendaraan. Jika dibandingkan dengan dua hari pertama dibuka untuk arus balik, kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional pada H+5 atau Rabu (20/6) ini terpantau lebih lancar.

“Melihat kondisi pergerakan arus lalu lintas ini, maka puncak arus balik di ruas tol fungsional arah Karatsura menuju Salatiga telah berlangsung pada Selasa kemarin,” ungkap David.  

Meski demikian, lanjutnya, Selasa kemarin bukan menjadi puncak dari pergerakan arus balik para pemudik yang melintas di ruas tol fungsional sepanjang 32,24 kilometer ini. Meski pergerakan kendaraan arus balik ini berangsur menurun, volume kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional ini diperkirakan akan kembali melonjak pada akhir pekan nanti.

Sehingga besar kemungkinan ruas tol fungsional masih akan dibuka sampai dengan Ahad (24/6). “Kemungkinan pada Sabtu dan Ahad nanti pergerakan arus balik masih akan meningkat lagi,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sepanjang H+4 Lebaran atau Selasa (19/6) --mulai pukul 06.00 hingga Rabu pukul 06.00 WIB-- ruas tol fungsional Kartasura-Salatiga dilalui 14.476 kendaraan arus balik. Selama dua hari dibuka untuk arus balik, akumulasi jumlah kendaraan yang melintas ruas tol fungsional ini total mencapai 28.058 kendaraan. Karena pada hari pertama arus balik ruas tol fungsional ini dilalui 14.032 kendaraan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES