Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

 

Pj Gubernur Jabar Pantau Arus Balik Gerbang Tol Cileunyi

Rabu 20 Jun 2018 13:39 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Hafil

Pj Gubernur Jawa Barat, Komjen Pol M Iriawan menyalami petugas saat peninjauan arus balik, di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6).

Pj Gubernur Jawa Barat, Komjen Pol M Iriawan menyalami petugas saat peninjauan arus balik, di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Masih ada sisa pemudik yang belum kembali.

REPUBLIKA.CO.ID,  Bandung-- Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M. Iriawan memantau langsung arus balik di kawasan Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6). Kedatangannya disambut langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik dan Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan.

"Hasil koordinasi dengan pihak kepolisian arus sudah kembali hampir 65 persen sisa 35 persen, yang berarti masih ada sisa-sisa pemudik yang belum kembali," ujar Iriawan.

Iriawan menuturkan, pihak kepolisian harus tetap melayani masyarakat hingga operasi ketupat berakhir pada 24 Juni mendatang. Dia menilai, panjangnya waktu liburan membuat tren arus balik berubah, termasuk menurunnya angka kecelakaan di jalanan.

"Menurut info dari Dinas Perhubungan angka kecelakaan menurun, berarti kesadaran pemudik dan kesiapan anggota di lapangan," kata Iriawan.

Di sisi lain, kemacetan menjadi langganan ketika arus balik tiba. Di mana volume kendaraan dan jalan tidak berbanding sama. Serta jumlah kendaraan yang terus bertambah setiap tahunnya.

"Sekarang tentu jalan sudah luar biasa, pembangunan dan pemudik sudah banyak memakai transportasi umum ada juga memiliki kendaraan khusus," ujarnya.

Untuk mengantisipasi warga pendatang, Pj Gubernur akan mempersiapkannya dengan pihak terkait. "Itu permasalahan klasik tiap habis lebaran pasti akan ada pendatang baru, pasti akan mencari pekerjaan  tentu itu akan jadi perhatian kami," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES