Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

 

Lonjakan Arus Balik Pemudik Terjadi di Halim Perdanakusuma

Selasa 19 Jun 2018 18:35 WIB

Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Penumpang memadati terminal keberangkatan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (10/6).

[ilustrasi] Penumpang memadati terminal keberangkatan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (10/6).

Foto: Republika/ Wihdan
Puluhan pesawat domestik yang membawa ribuan penumpang terus berdatangan di Halim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lonjakan penumpang arus balik dalam rangka perayaan Idul Fitri 2018 sudah mulai terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Selasa (19/6). Puluhan pesawat domestik yang membawa ribuan penumpang terus berdatangan di bandara tersebut.

"Kami perkirakan puncak arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma akan terjadi pada hari ini, Selasa (19/6) dan Rabu (20/6) besok," kata Eksekutif General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI AU Pip Darmanto di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan pantauannya, terhitung hingga pukul 13.00 WIB, pihaknya mencatat ada 52 pesawat dengan total 7.114 penumpang yang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. "Jumlah pesawat maupun jumlah penumpang yang tiba di Bandara Halim diperkirakan masih akan terus bertambah, masih banyak lagi, karena memang sudah memasuki puncak arus balik Lebaran," ujar Pip Darmanto.

Diperkirakan lonjakan penumpang arus balik di Bandara Halim Perdanakusuma juga akan kembali terjadi pada Sabtu (23/6) dan Ahad (24/6). "Karena mungkin masih ada warga yang masa liburnya masih lanjut sampai akhir pekan, jadi kemungkinan puncak arus balik akan terjadi lagi pada Sabtu dan Minggu nanti," tutur Pip.

Sementara itu, dia mengungkapkan untuk menambah keamanan seluruh penumpang, pihaknya menambah petugas keamanan untuk berjaga-jaga di areal bandara tersebut. "Mulai dari gerbang depan, pintu parkir, semua pengunjung sudah mulai diperiksa. Jumlah personel keamanan ditambah, diperbanyak dan pemeriksaan diperketat. Kami ingin semua penumpang merasa aman," ungkapnya.

Dari segi kenyamanan, dia menambahkan pihaknya memperbanyak jumlah anjungan check in mandiri atau self check in menjadi tujuh unit untuk mengurangi tumpukan antrian penumpang di setiap counter maskapai penerbangan. "Selain itu, kami juga menambah boarding lounge seluas 600 meter persegi di Gate 8. Dengan demikian akan semakin menambah kenyamanan penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma," tambahnya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES