Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

 

Pemerintah Siapkan Fasilitas BBM Antisipasi Arus Balik Mudik

Selasa 19 Jun 2018 07:02 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Indira Rezkisari

Stock Premium Arus Mudik. Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa (kri) dan Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo (kedua kanan) meninjau pengisian bahan bakar premium di SPBU Rest Area KM 102, Cipali, Jawa Barat, Jumat (1/6).

Stock Premium Arus Mudik. Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa (kri) dan Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo (kedua kanan) meninjau pengisian bahan bakar premium di SPBU Rest Area KM 102, Cipali, Jawa Barat, Jumat (1/6).

Foto: Republika/ Wihdan
Kepadatan jalur mudik diprediksi terjadi 19-20 dan 23-24 Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 109 mobil tangki kantong, 32 mobil dispenser, 17 Kiosk Pertamax, 13 Serambi Pertamax, dan 200 motoris kemasan, kembali disiagakan PT Pertamina (Persero) di sepanjang arus balik Idul Fitri 1439 H. Semuanya mengantisipasi lonjakan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) pemudik yang sudah mulai kembali mengarah ke ibu kota.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Posko Nasional Sektor ESDM akan terus memastikan BBM untuk pemudik aman. "Kami akan berkoordinasi dengan tim Posko Nasional ESDM untuk mengantisipasi arus balik usai Lebaran. Diperkirakan bahwa jalur yang padat arus mudik pada 9-10 Juni lalu, akan kembali padat pada 19-20 Juni. Sementara jalur mudik yang padat pada 13-14 Juni, akan kembali padat pada 23-24 Juni mendatang," ujar Ketua Tim Posko Nasional Idul Fitri ESDM Fanshurullah Asa melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/6).

Selain Pertamina, AKR juga menyiapkan 2 Kiosk kemasan AKR yang berlokasi di jalur Pantura tepatnya di Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. "Keberadaan 10 tol fungsional diharapkan juga mampu melancarkan penyediaan dan pendistribusian BBM, diantaranya ada ruas tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo,Sragen-Ngawi, Wilangan-Kertosono, Ciawi-Cigombong," ujar Fansurullah.

Bagi para pemudik, fasilitas yang disediakan oleh Pertamina ini sangat membantu. Yusa, pemudik asal Pracimantoro, Wonogiri merasa lebih tenang dengan hadirnya fasilitas tambahan ini. "Kemarin saat mudik dari Jakarta-Wonogiri, di tengah tol Pemalang-Batang saking lancarnya tidak terasa kalau hampir kehabisan bensin, untung ada Kiosk Pertamax. Perjalanan balik besok juga jadi lebih tenang," ungkap Yusa yang akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta besok Selasa (19/6) pagi.

Begitu pula yang diungkapkan Anggie yang mudik dari Pekalongan ke Malang. "Sempat mau kehabisan bensin pas sedikit macet mau keluar tol, Untung lihat motor yang bawa BBM. Lega sekali jadi nggak khawatir BBM ada di saat kita butuh," tandas Anggie.

Selain BBM, Pemerintah menyiapkan pemenuhan kebutuhan energi pada Lebaran kali ini termasuk LPG, jaringan gas (jargas) dan listrik sehingga masyarakat tenang merayakan Hari Kemenangan. Laporan mengenai perkembangan kondisi status gunung api, gempa dan kebencanaan geologi lainnya juga dilaporkan setiap hari dan dapat dipantau melalui aplikasi MAGMA.



  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA