Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

 

Kepadatan Lalu Lintas Arah Ciawi Mulai Terjadi

Senin 18 Jun 2018 10:30 WIB

Red: Andi Nur Aminah

 Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat berlangsungnya buka tutup jalur di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat berlangsungnya buka tutup jalur di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Setelah Simpang Gadok terjadi antrean panjang dengan perkiraan mencapai dua kilometer

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- PT Jasa Marga Cabang Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) mengatakan kepadatan arus lalu lintas tol mulai terjadi di arah Ciawi KM 45 dan KM 43, pada H+3 Lebaran 1439 Hijriah. "Pada Gerbang Tol Gadog terpantau lancar, namun setelah Simpang Gadok terjadi antrean panjang dengan perkiraan mencapai dua kilometer," kata Humas Jasa Marga Jagorawi, Ryan di Cibinong, Senin (18/6).

Menurut dia kepadatan arus lalu lintas tol untuk arus balik ternyata belum muncul. Tata-rata masyarakat lebih memilih untuk melakukan kunjungan wisata ke daerah Puncak-Kabupaten Bogor.

Kepadatan itu sudah mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Pengguna layanan jasa tol melakukan perjalanan menggunakan arah Ciawi. "Panjang antrran kendaraan sekitar satu kilometer," ujar Ryan.

Ini dikarenakan adanya penumpukkan kendaraan yang terjadi pada Gerbang Tol (GT) Gadog maupun arah Ciawi. Dalam hal ini kendaraan melaju dengan kecepatan 19 hingga 30 kilometer per-jam. Sata ini, belum dilakukan upaya atau kebijakan membuka satu jalur pada arah berlawanan (contraflow). "Ini baru akan dilakukan upaya untuk sistem pengaturan lalu lintas dimana hal itu terjadi sebagai pengurai kemacetan," katanya.

Ia menambahkan pengguna jasa layanan tol diharapkan menyiapkan makanan di atas kendaraannya. Selain itu diimbau juga untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tercipta suasana bersih.

Selain itu juga meminta untuk mengambil arah ke daerah Sentul dikarenakan masih terlihat lengang. Kemudian kembali lagi ke arah Ciawi, agar terhindar kepadatan lalu lintas, atau dapat melalui jalur arteri.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama menjelaskan kepadatan terus terjadi pada persimpangan di daerah Gadog dan Ciawi. Kedua daerah itu memang sering kali menjadi titik terparah untuk kepadatan lalu lintas. Penyebabnya, kendaraan baik roda dua maupun empat menumpuk guna menuju ke Jalur Puncak.

Namun hal itu masih dalam penanganan intensif. Masyarakat banyak yang memanfaatkan sisa libur Lebaran 1439 Hijriah untuk berekreasi pada daerah Puncak dan sekitarnya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES