Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

 

Arus Balik Mulai Terlihat di Gerbang Tol Bawen

Ahad 17 Jun 2018 18:35 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Nidia Zuraya

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Semarang-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/6).

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Semarang-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/6).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sejumlah pemudik memilih kembali lebih awal untuk menghindari kepadatan arus balik

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Berbeda dengan ruas jalan nasional, arus lalu lintas di ruas tol Semarang- Bawen terpantau relatif lancar pada H+2 Idul Fitri 1439 H atau pada Ahad (17/6). Memasuki H+2 Idul Fitri 1439 H, arus balik para pemudik sudah terpantau di ruas tol Bawen- Salatiga.

Sejumlah kendaraan asal ibu kota terpantau mulai melintas memasuki gerbang tol (GT) Salatiga menuju arah Semarang. Demikian halnya, kendaraan dengan pelat nomor Jawa Barat dan Jawa Timur juga telah terpantau melalui GT Bawen. 

Sejumlah pemudik mengaku, memilih kembali dari kampung halaman lebih awal guna menghindari kepadatan arus balik. Masa libur hari raya yang segera berakhir, juga menjadi alasan bagi mereka untuk kembali ke lebih cepat. 

"Senin (18/6) besok saya sudah harus beraktivitas kembali, makanya hari ini sudah kembali," ungkap Ibnu (35), warga Sawangan, yang dikonfirmasi di Rest Area KM 444+200,jembatan Tuntang.

Ia mengaku sudah melakukan mudik sejak tanggal 8 Juni 2018. "Awal pekan besok sudah harus kembali bekerja lagi. Sudah cukuplah berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman selama sepekan," ujarnya.

Sementara itu, Raharjo (49) dan keluarga, pemudik yang akan kembali ke Depok mengaku memilih balik ke Jakarta lebih cepat tak lain untuk menghindari kepadatan arus balik. Kendati untuk arus balik sudah bisa mengakses ruas tol operasional maupun fungsional, menurutnya, di beberapa titik masih berpotensi mengalami kemacetan.

"Seperti di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura dan di Jembatan Kalikuto. Ya enakan balik sekarang, mumpung lalulintasnya belum seberapa padat," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persiapan Lebaran Betawi Monas

Kamis , 18 Jul 2019, 21:00 WIB