Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

Jumat, 16 Zulqaidah 1440 / 19 Juli 2019

 

Arus Balik Mulai Terlihat di Pelabuhan Merak

Sabtu 16 Jun 2018 19:49 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita

Pelabuhan Merak, Banten, tampak lengang pada hari kedua lebaran, Sabtu (16/6).

Pelabuhan Merak, Banten, tampak lengang pada hari kedua lebaran, Sabtu (16/6).

Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Sebanyak 970.327 pemudik meninggalkan Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Arus balik ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten, mulai terlihat pada hari kedua lebaran 2018, Sabtu (16/6) hari ini. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pelabuhan Merak sudah tampak lengang. 

Berbeda dengan H-3 lalu, hanya beberapa kendaraan saja yang menunggu kedatangan kapal. Arus lalu lintas menuju pelabuhan juga ramai lancar.

Namun, tampak kendaraan dengan pelat nomor Jakarta dan sekitarnya yang mengarah ke Jakarta. Penumpang yang keluar dari pelabuhan juga terlihat sudah mulai bertambah. 

Pemudik, Herman (37 tahun), mengaku pulang ke kampung halamannya di Lampung sejak Rabu (6/6) lalu. "Ini mau pulang saya ke Cilegon. Belum sampai ramai banget sih di kapal," katanya kepada Republika di pintu keluar pelabuhan, Sabtu.

Pernyataan yang tak jauh berbeda dituturkan oleh pemudik lainnya, Yanti (31). Ia hendak menuju Tangerang dari tempat tinggalnya di sekitar Lampung. 

Menurutnya, kapal yang ia naiki sudah mulai dipenuhi penumpang. "Sudah mulai banyak orang di kapal. Tadi antre mau masuknya," ujarnya.

photo

Pelabuhan Merak, Banten, pada hari kedua Hari Raya Idul Fitri 2018, Sabtu (16/6). (Republika/Ronggo Astungkoro)

Sementara itu, jumlah pemudik yang meninggalkan Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten, pada tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, yakni Jumat (8/6) pekan lalu, hingga hari pertama lebaran, Jumat (15/6) kemarin. Angka itu naik 14 persen dibandingkan tahun lalu. 

Angka itu berdasarkan data Produksi Angkutan Lebaran Tahun 2018 yang dirilis oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak pada Sabtu (16/6) hari ini. Ratusan ribu pemudik itu diangkut oleh hampir 200 ribu unit kendaraan.

Data itu menyebutkan mulai H-7 hingga hari lebaran, jumlah kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak mencapai 196.629 unit. Angka tersebut naik sekitar 7,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan jumlah kendaraan ini juga dibarengi dengan peningkatan penggunaan kendaraan kecil roda empat dan roda dua. Jumlah kendaraan kecil roda empat tahun ini mencapai angka 99.294 unit kendaraan, naik 9,7 persen jika dibandingkan tahun lalu. Jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang melalui jalur Merak-Bakauheni itu juga meningkat, menjadi 83.845 unit atau naik 5,2 persen dari tahun lalu.

photo

Pelabuhan Merak, Banten, pada hari kedua lebaran, Sabtu (16/6). (Republika/Ronggo Astungkoro)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persiapan Lebaran Betawi Monas

Kamis , 18 Jul 2019, 21:00 WIB