Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

 

Arus Balik dari Magelang Diimbau Gunakan Jalur Tengah

Rabu 20 Jun 2018 23:17 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Polisi memasang papan penunjuk arah di pinggir jalan raya Wonosobo-Temanggung-Magelang di jalur mudik poros tengah Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (13/6).

Polisi memasang papan penunjuk arah di pinggir jalan raya Wonosobo-Temanggung-Magelang di jalur mudik poros tengah Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (13/6).

Foto: Antara/Anis Efizudin
Jalur tengah dari Magelang arah Jakarta relatif lancar sejak Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kendaraan arus balik tujuan Jakarta dari arah Magelang dan sekitarnya diimbau menggunakan jalur tengah yakni melalui Temanggung untuk menuju pantura karena relatif lancar. Hal itu diungkapkan Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Rabu (20/6).

"Guna menghindari kepadatan arus balik di jalur selatan, kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya untuk memanfaatkan jalur tengah, yakni Temanggung-Wonosobo-Purwokerto-Brebes atau Temanggung-Kendal untuk menuju pantura," katanya di Temanggung.

Ia mengharapkan semua lewat arus balik melalui jalur selatan karena mereka berpikir jalur pantura penuh.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat di wilayah Magelang dan sekitarnya yang akan menuju Jakarta agar menggunakan jalur tengah kemudian masuk pantura yang sejak kemarin relatif lancar.

"Memang sejak kemarin jalur selatan terjadi kepadatan dan jalur utara itu dari semalam sudah lengang," katanya.

Ia mengatakan yang melalui jalur tengah silakan pilih ada dua alternatif, yakni Temanggung-Parakan-Ngadirejo-Candiroto-Bejen-Kendal, kemudian bisa lewat Temanggung-Parakan-Wonosobo-Purwokerto-Brebes.

"Silakan para pemudik bisa menggunakan dua alternatif tersebut kalau menggunakan jalur tengah. Hal ini kami sampaikan supaya mereka tidak terkonsentrasi ke jalur selatan saja," katanya.

Menurut dia puncak arus balik di Temanggung terjadi pada Senin (18/6) dan kepadatan lebih kteronsentrasi di Kranggan dan Parakan karena adanya penyempitan jalur di Jembatan Kali Progro dan Jembatan Galeh, karena dari dua lajur menjadi satu lajur.

"Kalau di Temanggung hanya dua titik itu yang agak padat tetapi masih berjalan dan itu hanya terjadi pada Senin lalu, untuk hari Selasa dan Rabu ini relatif lancar. Kalau menjelang Lebaran tidak ada kepadatan sama sekali," katanya.

Ia menuturkan untuk masyarakat yang akan menggunakan jalur tengah tidak usah khawatir, karena rambu-rambu petunjuk arah sudah terpasang sejak awal.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES