Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

 

Tol Fungsional Bocimi Siap Terima Arus Balik Pemudik

Selasa 19 Juni 2018 13:53 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Bilal Ramadhan

Kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara dari Tol Bocimi bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Tol Jagorawi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Jelang arus balik libur lebaran, Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky menyebut tol fungsional Bocimi telah siap mengakomodir kendaraan menuju Bogor atau Jakarta. Sejak Selasa (19/6) pukul 00.00 WIB polisi telah merubah

arus di Bocimi menjadi one way arah Jakarta.

"Jalur arus balik tol fungsional Bocimi sudah kita ubah satu arah menuju Jakarta atau Bogor dari arah Sukabumi. Jadi lokasi exit kemarin diubah menjadi pintu masuk atau entry," ujar Kapolres di Pos Simpang Gadog, Selasa (19/6).

Bagi pengendaran yang arus balik ini menggunakan tol fungsional Bocimi nantinya bisa keluar di Ciawi. Pengendara bisa langsung melanjutkan perjalanan menggunakan Tol Jagorawi.

Dari arah Sukabumi, pengendara bisa memanfaatkan feeder di Caringin di KM 6+500. Selain itu pengendara juga bisa masuk lewat interchange Ciawi di KM 1+300. "Jalur Bocimi sendiri lancar. Masih aman," lanjutnya.

Di daerah Bocimi sendiri sudah disiapkan anggota personel dari kepolisian. Polres Bogor bekerjasama dengan Polsek Cigombong, Cicuruk, dan Sukabumi. Personel ini menjaga jalur dan mengarahkan saat akan menuju jalan umum.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama sendiri menyebut proses pengalihan arus dilakukan sejak pukul 00.00 WIB hingga 04.30 WIB. Selang waktu ini digunakan untuk melakukan persiapan dan pemasangan rambu-rambu.

"Ada perubahan letak rambu dan pemasangan barier. Barier kembali digunakan agar masyarakat yang semula tahunya jalanan ditutup, ini dibuka," ujar AKP Hasby.

Jalur Bocimi sendiri bisa digunakan untuk arus balik lebaran hingga 24 Juni. Setelah itu jalur akan kembali ditutup untuk dilanjutkan proses pengerjaan. Di Cigombong tepatnya di persimpangan, Kasatlantas menyebut telah dipasang rambu sebagai pemberitahuan bahwa tol fungsional Bocimi bisa digunakan untuk arus balik.

"Lebih cepat ya kalau lewat Bocimi ini. Dari Sukabumi ke Jakarta bisa 15 atau 20 menit dari biasanya 2 jam," ujar Hasby.

Pengurangan waktu yang signifikan ini menurutnya tentu sangat membantu pengendara yang tidak ingin menghabiskan waktu di jalan. Jalannya Bocimi sendiri saat ini kondisinya masih relatif sepi. Hasby menyebut arus balik telah dimulai sejak Senin (18/6) hingga prediksi Rabu (20/6).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pencari Puing Waduk Jatigede (1)

Senin , 24 September 2018, 23:59 WIB