Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

 

Kemenhub Siapkan Arus Balik Angkutan Motor Gratis

Sabtu 16 Jun 2018 21:40 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil

Sejumlah KM Sabuk Nusantara dan KM Camara Nusantara yang menjadi angkutan lebaran dalam mudik sepeda motor gratis naik kapal laut bersandar di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/6).

Sejumlah KM Sabuk Nusantara dan KM Camara Nusantara yang menjadi angkutan lebaran dalam mudik sepeda motor gratis naik kapal laut bersandar di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/6).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Jumlah pendaftar angkutan motor gratis diprediksi bertambah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanaan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang terlaksana dengan baik. Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengungkapkan untuk selanjutnya akan mempersiapkan arus balik angkutan motor gratis.

"Saya optimistis untuk arus balik angkutan sepeda motor gratis dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin, kata Agus," Sabtu (16/6).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Chandra Irawan menjelaskan pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai pekan depan. Lebih tepatnya pada 18-22 Juni 2018.

Chandra memastikan Kemenhub sudah menyiapkan angkutan yang dibutuhkan untuk arus balik tersebut. "Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Jika melihat data hari ini (16/6), Chandra mengatakan jumlah pendaftar angkutan motor gratis arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik tersebut, Chandra menegaskan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menyiapkan sejumlah door prize yang diundi di atas kapal seperti televisi, telepon genggam, voucer belanja, dan lainnya.

Pendaftaran arus balik angkutan motor gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dibuka besok (17/6) pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Jumlah keterisian kapal tertinggi diprediksi pada 20 dan 22 Juni 2018 yang mencapai di atas 95 persen. Hanya saja, Chandra menegaskan masih tersisa banyak kuota untuk tanggal keberangkatan lainnya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES