Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

Thursday, 5 Zulhijjah 1439 / 16 August 2018

 

Puncak Arus Mudik di Bekasi Sudah Terlewati

Kamis 14 June 2018 17:05 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bilal Ramadhan

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/6).

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 37, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/6).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Di hari lebaran, polisi antisipasi para peziarah di sejumlah pemakaman di Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Wijonarko mengatakan, puncak arus mudik di ruas-ruas jalan Kota Bekasi telah terlampaui. puncak arus mudik di Kota Bekasi terjadi tadi malam Rabu (13/6) hingga Kamis (14/6) dini hari.

"Semalam puncaknya, hingga kini sudah landai di Kota Bekasi," ujar Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Wijonarko di Mapolres Bekaso Kota, Kamis (14/6).

Meskipun begitu pihak kepolisian masih terus mengantisipasi ruas jalan di titik-titik kepadatan di Kota Bekasi. Pihak Kepolisian juga sudah mendirikan 11 pos pengamanan dan tiga pos pelayanan yang tersebar di beberapa wilayah Kota Bekasi yang dilalui pemudik.

"Ditambah nanti pengamanan takbiran. Kami siap mengerahkan personel untuk ketertiban lalu lintas dan keamanan di malam takbiran di Kota Bekasi," ujarnya.

Kini, kepolisian tengah antisipasi peziarah makam di beberapa tempat pemakaman seperti di Perwira Kota Bekasi dan di Jalan Sultan Agusng Kota Bekasi. "Hari ini sampai malam biasanya ramai di pemakaman, orang-orang ziarah ke makam," ujarnya.

Sementara di hari raya Lebaran esok, kata dia, akan ada kepadatan arus lalu lintas pada masyarakat yang melakukan mudik lokal. Seperti dari Bekasi ke Jakarta atau Ke bogor, Tangerang, Kabupaten Bekasi dan Depok serta sebaliknya.

"Selain itu untuk hari ini, kami melakukan pengamanan di pusat-pusat pembelanjaan kemungkinan masi banyak masyarakat yang belanja untuk kebutuhan lebaran besok," ujar Wijonarko.

Di sisi lain, pihak kepolisian juga memberikan imbauan kepasa masyarakat untuk menitipkan barang yang berharga ke Polisi Sektor (Polsek) wilayah kelueahan masing-masing maupun ke Polres, jika ditinggal mudik Lebaran. Adapun kriteria penitipan bukan berasal dari benda hidup seperti hewan melainkan benda mati seperti roda dua dan roda empat.

"Dan penting juga antisipasi rumah kosong (Rumsong). Kami memberikan imbauan kepada masyarakat untuk antisipasi kejadian pencurian terhadap rumah kosong yang ditinggal. Segera lapor RT atau RW, sehingga bisa menginventarsir dan nantinya petugas bisa mengamankan. Kita tindak tegas dan berikan efek jera kepada para pelaku pencurian Rumsong," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES