Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

 

Tol Fungsional Salatiga-Kartasura Mulai Dibuka Senin Depan

Rabu 13 June 2018 22:07 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andri Saubani

  Petugas membantu mengarahkan pengendara di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura di wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Petugas membantu mengarahkan pengendara di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura di wilayah Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Foto: Republika/Bowo Pribadi
Tol Fungsional Salatiga-Kartasura akan difungsikan mengantisipasi arus balik.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura akan dibuka untuk arus balik Lebaran 1439 Hijriah, mulai Senin (18/6) pukul 06.00 WIB. Tol fungsional itu dikhususkan untuk kendaraan Golongan I dari arah Kartasura (Timur) menuju Salatiga (Barat).

Berbeda dengan arus mudik, yang hanya dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, pada arus balik nanti, ruas tol fungsional tersebut akan dibuka 24 jam. Pembukaan ruas tol selama 24 jam mulai tanggal 18 hingga 20 Juni 2018.

"Ini bagian dari strategi agar arus balik nanti menjadi lebih lancar," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, di sela meninjau jalur darurat Jembatan Kali Kenteng, Rabu (13/6).

Khusus untuk arus balik, lanjut Basuki, tidak ada evaluasi khusus terkait dengan infrastruktur, kecuali tinggal hal yang minor. Seperti di jalur darurat Kali Kenteng, setelah ditutup malam ini, dilakukan pengaspalan pada sisi jembatan darurat sebelum awal pendakian.

Pengaspalan ini dilakukan supaya tidak berderak pada saat dilalui kendaraan. Karena jembatan yang ada saat ini baru berupa beton ulir. Dengan diaspal, harapannya akan lebih lancar jika dilalui pemudik.

Untuk arah arus balik (ke Barat), jalur darurat Kali Kenteng elevasinya juga relatif lebih landai dibandingkan arah ke Timur. "Di jembatan Kali Kenteng, kalau malam juga sudah terang benderang olehpenerangan," kata Basuki.

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengamini, untuk arus balik ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura ini akan dibuka hari Senin (18/6 ) pukul 06,00 WIB. Ruas fungsional ini akan dibuka dari Timur (Boyolali) ke Barat (Brebes).

Ia juga mengamini, malam ini akandilakukan beberapa perbaikan jalur fungsional tersebut. Seperti di dekat jembatan jalur darurat ada beton yang terkelupas, berlubang.

Pada Ahad (17/6) pagi hingga sore masih disediakan waktu bagi arus mudik. Kemudian malamnya akan ditutup untuk perbaikandan dipastikan bisa dibuka keesokan harinya pukul 06.00 untuk arus balik.

"Ahad malam kita akan tutup, kita akan cek, akan kita atur rambu-rambu, petugas, pos pengamanan kita akan balik semua ke arah Jakarta, Senin pagi dibuka untuk arus balik," tandas kapolda.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES