Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

 

Menhub Pantau Kondisi Arus Mudik dengan Gunakan Helikopter

Selasa 12 Jun 2018 09:15 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Menhub akan mendarat di Cikopo dan dilanjutkan perjalanan darat ke Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau kondisi arus mudik kendaraan yang melalui jalan tol maupun jalan nasional non-tol di Jawa Barat dan Jawa Tengah menggunakan helikopter untuk memastikan situasi lalu lintas terkini. Ia ingin memastikan situasi arus mudik dari udara sehingga bisa mengetahui kondisinya lancar atau macet.

"Hal ini untuk bisa diambil langkah terbaik agar perjalanan pemudik bisa lancar," kata Menhub Budi Karya kepada pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (12/6).

(Baca: Arus Lalu Lintas Masuk Yogyakarta Mulai Meningkat)

Dalam pemantauan udara menggunakan helikopter, Menhub dan rombongan akan mendarat di sejumlah daerah dan selanjutnya meninjau menggunakan jalan darat. Dari Bandara Halim Perdanakusuma, Menhub akan mendarat di Cikopo dilanjutkan perjalanan darat menuju Jembatan Timbang Balonggandu dan Jembatan Timbang Losarang yang keduanya berfungsi mengatur dan mengelola beban truk.

Usai dari Losarang, Menhub Budi Karya menuju Bandara Cirebon sambil menyinggahu beberapa Posko Angkutan Lebaran di sekitar Cirebon. Tiba di Cirebon Menhub selanjutnya lepas landas menuju lapangan helipad Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal yang dilanjutkan perjalanan menuju Posko Angkutan Lebaran di Wilayah Tegal.

(Baca: Napi Muslim Harus Diberi Makan yang Cukup di Penjara)

Selesai melakukan pemantauan arus mudik di Tegal, Menhub Budi Karya dan rombongan lepas landas menuju Helipad Lapangan Bola Pekalongan, Jawa Tengah, dilanjutkan perjalanan menuju Posko Angkutan Lebaran di Wilayah Pekalongan. Selanjutnya dari Pekalongan, Menhub lepas landas masih menggunakan helikopter menuju Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

"Selain memantau kondisi lalu lintas dari udara, saya juga ingin meninjau stasiun dan pelabuhan laut di Semarang yang menjadi tujuan pemudik untuk berlebaran," kata Menhub.

(Baca: Saudi Siapkan 400 Acara Rayakan Idul Fitri)

Budi Karya selama dua hari di Semarang akan meninjau Stasiun KA Semarang Tawang, Posko Angkutan Lebaran serta Pelabuhan Laut Tanjung Emas. "Kami ingin memastikan kondisi pelaksanaan mudik tahun ini bisa lebih baik dibanding tahun lalu yang sudah berjalan baik," kata Menhub.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA