Ini Penyebab Tertinggi Kecelakaan Arus Mudik

Red: Didi Purwadi

 Selasa 06 Aug 2013 21:40 WIB

Pemudik Sepeda Motor Foto: Republika/ Yasin Habibi Pemudik Sepeda Motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebab terbanyak kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik jelang Lebaran 1434 H adalah akibat kondisi mengantuk.

"Sejak 2 Agustus hingga kemarin Senin, penyebab kecelakaan tertinggi karena kelelahan atau mengantuk," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto, di Jakarta, Selasa.

Agus Rianto merinci kasus kecelakaan karena mengantuk yakni 184 kasus, disusul akibat tidak menjaga jarak antar kendaraan 104 kasus, akibat melanggar batas kecepatan 75 kasus, akibat pengaruh alkohol 20 kasus dan karena melanggar lampu lalu lintas 15 kasus.

Jika melihat dari banyaknya kendaraan yang terlibat kecelakaan dalam arus mudik 2013, maka sepeda motor masih merupakan jenis kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan.

"Sampai H-3, data kendaraan yang terlibat kecelakaan sebanyak 1.426 unit dengan 972 unit merupakan sepeda motor," katanya.

Tidak hanya dalam kasus kecelakaan, namun juga untuk kasus pelanggaran lalu lintas, menurut dia, didominasi oleh sepeda motor. Dari jumlah total 18.935 unit kendaraan yang melanggar, 14 ribu diantaranya adalah sepeda motor.

Berita Lainnya

Play Podcast X