Sop Lentil, Masakan Ramadhan Khas Timur Tengah

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 18 Apr 2022 14:10 WIB

Sop Lentil, Masakan Ramadhan khas Timur Tengah Foto: Arab News Sop Lentil, Masakan Ramadhan khas Timur Tengah

Salah satu masakan khas Ramadhan Timur Tengah adalah Sop Lentil.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kacang lentil berasal dari wilayah Arab, dengan catatan yang menunjukkan referensi termasuk tumbuhan kacang-kacangan dalam teks-teks firaun, serta gulungan dan skrip Irak dan Shami kuno.

Lentil merupakan kacang-kacangan golonhan Legum yang semakin populer di sekitar Timur Tengah dan diekspor lebih jauh oleh para pedagang.

Baca Juga

Dan Sup lentil telah menjadi hidangan populer sejak zaman Mesir kuno. Ini kaya akan vitamin dan protein, dan cocok untuk bayi berusia enam bulan ke atas. 

Orang-orang di Timur Tengah juga minum sup selama musim dingin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

Dalam resep ini, yang cocok untuk vegan dan mereka yang mengikuti diet keto, berbagai sayuran ditambahkan untuk memberikan rasa ekstra dan daya tarik visual.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup lentil adalah 250 gram lentil matang, 250 gram bayam, satu bawang merah, satu paprika merah, satu kentang, dua siung bawang putih cincang, satu wortel besar, satu liter kaldu sayur, dua sendok makan peterseli cincang, satu sendok makan ketumbar cincang, dan garam dan merica.

Untuk cara membuatnya, potong dadu wortel, paprika merah, kentang dan bawang bombay, dan tempatkan dalam mangkuk terpisah. Dalam panci besar, tambahkan sedikit minyak zaitun dengan api sedang, lalu tambahkan bawang bombay dan aduk sampai berwarna cokelat keemasan. 

Kemudian tambahkan bawang putih dan aduk kembali. Setelah 30 detik, tambahkan kentang dan aduk selama dua menit, lalu tambahkan wortel dan paprika merah.

Tuang kaldu sayuran setelah lima menit, tambahkan garam dan merica untuk bumbu, dan didihkan selama 15-20 menit sampai sayuran empuk. Tambahkan lentil dan bayam kemudian masak selama lima menit.

Setelah sup siap, biarkan agak dingin, hiasi dengan peterseli dan ketumbar, dan sajikan. Serpihan lemon dan cabai dapat ditambahkan untuk menambah rasa jika diinginkan.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2063581/food-health

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X