Senin 18 Apr 2022 07:30 WIB

Puluhan Juru Sembelih Halal Disertifikasi BNSP

Puluhan Juru Sembelih Halal Disertifikasi BNSP

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
 Puluhan Juru Sembelih Halal Disertifikasi BNSP. Foto:  Ilustrasi Cover Dialog Jumat Kurban Covid. Foto: Tahta Aidilla/Republika
Foto: Tahta Aidilla/ Republika
Puluhan Juru Sembelih Halal Disertifikasi BNSP. Foto: Ilustrasi Cover Dialog Jumat Kurban Covid. Foto: Tahta Aidilla/Republika

IHRAM.CO.ID,SURABAYA -- Pengurus Juleha Indonesia menggelar vokasi dan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terhadap 40 Juru Sembelih Halal (Juleha) Angkatan I mulai 13 hingga 19 April 2022 di Gedung Islamic Center, Surabaya. Puluhan Juleha yang mengikuti sertifikasi BNSP tersebut berasal dari Riau, Banten, Jakarta, Majalengka, Bekasi, dan seluruh Jawa Timur.

Ketua DPP Juleha Indonesia, Petrus Hariyanto mengatakan, proses penyembelihan hewan merupakan bagian dari pelatihan dan uji kompetensi yang digelar. "Tujuannya untuk melatih juru sembelih halal sehingga memiliki kompetensi dan keahlian menyembelih hewan sesuai ketentuan syariat Islam dan kesehatan masyarakat veterinair," ujarnya, Ahad (17/4).

Baca Juga

Petrus menjelaskan, kegiatan yang digekar juga merupakan bagian dari penyiapan 1.000 Juleha baru di Indonesia yang bersertifikat. Tujuannya agar Muslim Indonesia dapat merasakan kepastian halal dan kualitas daging halal. Selain itu, Juleha Indonesia yang berkualitas juga disiapkan  sebagai tenaga ahli penyembelih yang siap bekerja di luar negeri secara profesional.

"Saatnya Juleha Indonesia maju dan menjadi solusi halal meat dunia," ujarnya.

Pengurus DPW Juleha Indonesia Jawa Timur, Imam Fauzi mengaku bangga dipercaya Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu  dan BNSP untuk melatih para peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesi. Ia pun menargetkan setiap masjid ataupun desa bisa memiliki Juleha yang tersertifikasi.

Direktur Utama Rumah Potong Hewan Surabaya (RPH Surya) Fajar A. Isnugroho menyambut baik dan mendukung penuh sertifikasi BNSP Juru Sembelih Halal. "Juleha merupakan mitra strategis RPH untuk menjamin proses penyembelihan sesuai ketentuan agama dan syarat kesehatan," kata dia.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement